Gaya Batik dan Keindahan Seni Warisan Nusantara Meriahkan Istana Merdeka

Istana Merdeka
Presiden Joko Widodo ketika menyaksikan peragaan busana dalam acara Istana Berbatik di Istana Merdeka, Minggu 1 Oktober 2023. Foto: Humas Jabar

TURISIAN.com – Ibu Kota Jakarta semarak dengan perayaan Hari Batik Nasional yang berlansung di Istana Merdeka, Minggu,  1 Oktober 2023.

Dalam peringatan Hari Batik Nasional Tersebut dihadiri langsung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Bahkan, beberapa kepala daerah juga ikut hadi di acara spektakuler dengan tema Istana Berbatik tersebut. Salah satunya, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

Dalam sambutannya yang sarat makna, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa batik tak hanya sekadar karya seni. Melainkan sebuah warisan budaya takbenda yang diakui secara global oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009.

BACA JUGA: Istana Merdeka Jakarta akan Menampilkan Gemilang Batik Nusantara

Presiden Jokowi dengan penuh bangga mengungkapkan dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang begitu erat terkait dengan Indonesia, warisan batik harus terus dilestarikan.

“Oleh karena itu, melalui Istana Berbatik pada hari ini, kami merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober,” tambahnya.

Terus berkembang dari generasi ke generasi

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama merasa bangga akan kekayaan warisan seni dan budaya Indonesia.

Serta memastikan bahwa warisan ini tetap lestari dan terus berkembang dari satu generasi ke generasi berikutnya.

BACA JUGA: Batik Air Luncurkan Rute Makassar-Merauke, Tawarkan Petualangan di Timur Indonesia

Di sisi lain, Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyoroti bahwa Istana Berbatik adalah sebuah momen luar biasa.

Utamanya, untuk mempromosikan dan menampilkan batik sebagai produk asli dan karya kreatif yang merupakan bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia di mata dunia.

Istana Berbatik menciptakan momen tak terlupakan dengan menampilkan fashion show yang melibatkan tak kurang dari 500 peraga.

Mereka, terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pejabat negara, petinggi kementerian, hingga duta besar dari negara-negara sahabat.

BACA JUGA: Batik Lokal Aceh Tampil di Event Nagan Raya Expo 2023

Sementara itu Angela Tanoesoedibjo menjelaskan dengan bangga dalam parade fashion ini, pihaknya  melibatkan 503 peraga yang mencakup perwakilan kerajaan.

“Termasuk, pimpinan lembaga negara, duta besar, menteri, wakil menteri, gubernur, pejabat kementerian, BUMN, atlet, model, dan tokoh publik,” ungkapnya.

Dengan perpaduan gemilang dari gaya batik dan keindahan seni warisan Nusantara, Istana Berbatik tahun ini benar-benar menjadi perayaan yang tak terlupakan.

Memperkuat pesan tentang kekayaan budaya Indonesia yang luar biasa, yang patut dibanggakan dan dilestarikan untuk generasi mendatang. ***

Pos terkait