Ada Destinasi Hidden Gem di Kawasan Puncak, Namanya Telaga Saat

Kawasan Puncak Bogor
Di Telaga Saat kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat kalian bisa main kano sambil menikmati keindahan alam pegunungan di sekitarnya. (Instagram/@telagasaatpuncak)

TURISIAN.com – Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat memang selalu membuat kangen ya guys! Gak cuma pesona alamnya yang indah.

Tapi juga ada tempat keren banget yang bisa jadi pilihan buat kalian yang mau cari spot tersembunyi. Namanya Telaga Saat!

Ini dia, Telaga Saat emang jadi hidden gem. Soalnya tempatnya tersembunyi banget di balik perkebunan teh dan bukit hijau.

Jadi, bener-bener tempat yang cocok buat kalian yang pengen getaway dari hiruk-pikuk kota.

BACA JUGA: Ingin Coba Sosis Premium Ala Jerman, Datang aja ke Puncak Bogor

Kalau dari pusat Kota Bogor, gak terlalu jauh kok. Cuma sekitar 37 kilometer atau 1 jam 30 menit aja kalau lagi naik mobil. Gampang banget, kan?

Nah, sebelum kalian merapat ke sini, ada beberapa info penting yang perlu kalian tahu:

Daya Tarik:

  • Pas nyampe di Telaga Saat, kalian bakal ditemenin sama pemandangan alam yang bikin hati adem banget. Ada bukit, kebun teh, dan pohon-pohon hijau yang bikin suasana makin adem.
  • Dan yang paling keren, Telaga Saat punya air yang jernih banget, gak tercemar. Paskena sinar matahari, airnya bakal berkilauan banget. Kalau kalian datang pas sore, bisa lihat kabut yang bikin suasana jadi makin eksotis, loh!
  • Di sini juga ada fasilitas keren, misalnya jembatan gantung, perahu kano, gazebo buat ngelihat telaga, dan spot-spot Instagramable yang kece banget buat foto-foto.
  • Buat yang mau bermalam di sini, Telaga Saat juga punya camping ground dan vila yang bisa kalian sewa. Seru banget buat pengalaman nginep di tengah alam.

BACA JUGA: 5 Restoran Ini Bisa Jadi Tujuan Saat Liburan Ke Puncak

Titik Nol Km Ciliwung

Satu lagi, Telaga Saat juga dikenal sebagai titik 0 Km Ciliwung, karena lokasinya di dataran tinggi dan punya tiga sumber mata air yang terus mengalir.

Banyak yang percaya bahwa Telaga Saat ini turut mengalirkan air ke Sungai Ciliwung yang akhirnya menuju pantai utara Jakarta, guys!

Dan satu bonus, kalau kalian beruntung, bisa aja kalian melihat elang Jawa yang terbang di sekitar Telaga Saat. Seru, kan?

Harga Tiket Telaga Saat:

  • Tiket masuk Telaga Saat cuma Rp 10.000 per orang, asli ramah banget buat kantong kita-kita.
  • Tapi kalau kalian pengen jalan-jalan di perkebunan teh, harus beli tiket terpisah seharga Rp 25.000 per orang.
  • Buat yang bawa kendaraan, ada biaya parkir juga, Rp 5.000 buat motor dan Rp 10.000 buat mobil.

BACA JUGA: Curug Cilember Bogor, Destinasi yang Memiliki 7 Air Terjun

Rute ke Telaga Saat

Akses ke Telaga Saat gampang banget, guys! Kalian bisa masuk lewat pos tiket wisata Telaga Warna di Cisarua, Puncak, Bogor, yang gak jauh dari Masjid Attaawun Puncak.

Dari sana, tinggal 4 km atau 15 menit aja buat sampe ke Telaga Saat. Begitu lewat pos tiket wisata Telaga Warna, kalian bakal nemu dua jalan. Satu ke Telaga Warna ke kanan, satunya ke Telaga Saat ke kiri.

Kalian pilih jalan ke kiri, terus ikuti aja sampe nemu dua cabang jalan yang menuju ke Telaga Saat.

Kalau belok ke kanan, jalannya sedikit terjal. Tapi kalau belok kiri, lebih nggak terjal tapi agak memutar. Jadi, sesuaiin aja sama kendaraan kalian.

Tapi inget, ya, jalan di sana masih dari batu. Begitu memasuki kawasan puncak Bogor menuju Telaga Saat tetap hati-hati saat berkendara! ***

Pos terkait