Milad Pendiri Kawasan Pasar Induk Caringin ke-86, Dihadiri Para Tokoh Penting

Kawasan Pasar Caringin
Suasana sunset di Pasar Caringin,Kota Bandung, Jawa Barat. (Instagram/@deengsanyoto)

TURISIAN.com – Kawasan Pasar Induk Caringin, Kota Bandung, Jawa Barat sampai saat ini masih berdiri kokoh. Menjadi salah satu ikon penggerak ekonomi rakyat, di tengah tumbuhnya pasar modern.

Ketika pandemi Covid-19 melanda dunia, pasar ini masih tetap bergerak dan memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan untuk warga Bandung.

Eksistensi pasar yang berada di Jalan Soekarno Hatta Nomor 20, Babakan Ciparay, itu tak terlepas dari sosok, HD Sutisno.

Pasar ini menjadi salah satu pasar tersibuk di Kota Bandung karena fungsinya sebagai sebuah pasar induk.

BACA JUGA: Maskapai Ini Pindah Tempat, Untuk Tujuan Bandung ke Denpasar Bali

Bahkan juga, menjadi salah satu spot wisata, bagi pengunjung yang ingin belanja berbagai kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan.

Di balik semua itu, karena keberhasilan tangan dingin HD Sutisno. Seorang pengusaha pribumi yang memiliki cita-cita besar membangun ekonomi kerakyatan.

Beberapa tokoh masyarakat,tokoh pengusaha Jawa Barat hadir dalam acara Milad pendiri Pasar Caringin HD Sutisno. Diantaranya, mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada, CEO Kagum Group Henry Husada. Foto: Turisian.com/Ist

Bagaimana tidak, dalam mewujudkan cita-citanya itu, HD Sutisno menanggung seluruh biaya pembangunan pasar dari kantongnya sendiri.

Kemudian, HD Sutisno ditunjuk oleh pemerintah saat itu untuk membentuk koperasi pedagang pasar induk Bandung pada 1987.

BACA JUGA: Mengunjungi Museum Tionghoa Bandung, Anies Baswedan Buka Sesi Dialog

Kini kepemilikan Pasar Induk Caringin diberikan kepada putranya, Agung Suryamal.

Sementara HD Sutisno sukses dikenal sebagai tokoh penggerak ekonomi rakyat. Dirinya kerap didatangi oleh para pejabat sebagai sosok tokoh Jawa Barat yang berkonsultasi padanya.

Ekonomi Global

Beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis 17 Agustus 2023, HD Sutisno menggelar Acara Syukur Binikmat Milad Ke-86/

Banyak kolega tokoh penggerak ekonomi rakyat ini yang datang untuk memberikan ucapan selamat. Mulai dari pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, ekonom, politisi, budayawan, tokoh pengusaha Jawa Barat dan lainnya.

BACA JUGA: Kemenparekraf Gelar BISA FEST di C59 Factory Bandung

Acara disini dengan berbagai kegiatan. Selain itu, tentu juga diskusi terkait persoalan ekonomi global.

Termasuk hadir dalam kesempatan tersebut, “Bapak UMKM Jawa Barat” Henry Husada, sekaligus sekaligus CEO Kagum Group.

“Menjadi teladan dan contoh untuk kita semua, Bapak HD Sutisno masih sangat concern dengan perkembangan ekonomi rakyat. Khususnya, di Kota Bandung, Jawa Barat ini,” kata Henry.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap kiprah tokoh seperti HD Sutisno yang bisa merangkul semua kalangan. Mulai daro pebisnis lokal, nasional bahkan internasional. ***

Pos terkait