Festival Golo Koe Ambil Tema, ‘Ekonomi yang Enak Buat Semua’

Festival Golo Koe
Lomba melukis “Aku Cinta Lautan Komodo” menjadi rangkaian kegiatan Festival Golo Koe. (Instagram/@golokoe_fest)

TURISIAN.com – Keuskupan Ruteng dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, di Nusa Tenggara Timur (NTT), lagi ngadain Festival Golo Koe di Labuan Bajo nih, guys!

Nah, tahun 2023 ini, Festival Golo Koe bakal ngebahas tema keren banget  “Ekonomi yang Enak Buat Semua, Adil dan Peduli Lingkungan.”

Festival ini berlangsung selama lima hari, loh, dari tanggal 10 sampe 15 Agustus 2023. Tempatnya di Kawasan Waterfront Marina Labuan Bajo.

Di festival ini bakal ada banyak acara keren, salah satunya prosesi laut yang namanya Prosesi Laut Bunda Maria Assumpta Nusantara.

BACA JUGA: 4 Jejak Destinasi yang Ditinggalkan Pemimpin ASEAN di NTT

Ini nggak tanggung-tanggung, guys, bakal digelar pada hari kedua, tanggal 14 Agustus, sore hari.

Jadi, Prosesi Laut ini penting banget karena nunjukin gimana iman dan budaya bisa satu padu.

Maknanya dalam prosesi ini bener-bener seru buat ngegambarin kesatuan antara yang beriman dan keberagaman budaya yang ada di sana.

Ruten, si Direktur Puspas dari Keuskupan Ruteng, bilang kalo pesan utama dari prosesi ini adalah tentang kebersamaan dan persatuan.

BACA JUGA: MICE Desa Golo Mori Bakal Menambah Daya Tarik Wisata di NTT

Berlayar ke dermaga Biru

Idenya mirip kayak ibu, yang bisa sayang sama anak-anaknya yang beda-beda karakternya. Mereka mau nampilin ini semua dengan cara yang sesuai sama cerita hidup Yesus.

Jadi, ruten ceritain, rute acara ini bakal start dari Gereja Stelamaris Labuan Bajo terus berlayar ke dermaga Biru.

Nah, dari sana, patung Bunda Maria bakal diarak pake sampan kecil menuju Pantai Pede, dan lanjut ke pelabuhan Waterfront Marina Labuan Bajo.

Di sana, bakal ada acara penerimaan sebelum patungnya diarak lagi ke Kantor Bupati lewat jalur darat, dan endingnya di Golo Koe.

BACA JUGA: Traveling ke Danau Sano Nggoang, Danau Vulkanik Terluas dan Terdalam di NTT

Si Yulianus, yang jadi Ketua Panitia dan juga Wakil Bupati Manggarai Barat, ngebahas tujuannya nih.

Dia bilang, goloini bikin pariwisata jadi keren di wilayah Keuskupan Ruteng, yang termasuk wilayah Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

Kalo kita lihat lebih dalam, Festival ini sebenernya juga jadi cara buat orang-orang di sana bareng-bareng ikut serta buat kebaikan bersama.

BACA JUGA: NTT Optimis Bisa Menarik 1 Juta Wisatawan, Gelar Berbagai Festival

Mereka ngejar kesejahteraan, keadilan, dan juga kelestarian alam.

Untuk temen-temen yang mau dateng, kabar baiknya, peserta Festival Golo Koe Labuan Bajo ini berasal dari tiga kabupaten.

Yakni, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat.

Jadi, buat yang suka traveling dan pengen tau budaya keren, dateng aja langsung ke Kawasan Waterfront Marina Labuan Bajo. Paling tidak kalian bisa  ikutan dan seru-seruan di Festival Golo Koe! ***

Pos terkait