Cerita Terkini dari Taman Safari Indonesia, Romansa Panda Raksasa Cai Tao dan Hu Chun

Ilustrasi. Seekor panda sedang meraih daun bambu untuk makanan.(Dok.Pixabay.com0

TURISIAN.com – Di bawah sinar matahari yang lembut, Taman Safari Indonesia (TSI) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyimpan cerita menarik tentang pasangan panda raksasa yang berasal dari negeri Tiongkok.

Bernama Cai Tao dan Hu Chun, kedua panda ini telah menghiasi Istana Panda TSI dengan pesona eksotis dan daya tarik alami mereka sejak tiba di Indonesia pada 28 September 2017.

Namun, kini mereka siap untuk menambah babak baru dalam kisah hidup mereka.

Cai Tao dan Hu Chun telah mencapai usia yang cukup matang, 13 tahun. Dan, pengelola TSI tengah mengawinkan keduanya dengan harapan besar agar mereka dapat berkembang biak di tahun ini.

BACA JUGA: Taman Safari Indonesia, Pertahankan Pesona Panda China yang Disewa Mahal

Tidak seperti kebanyakan hewan, panda raksasa hanya memasuki masa kawin sekali dalam setahun. Dan jendela kesempatan ini berlangsung singkat, hanya selama satu pekan.

“Dalam dekapan kasih sayang alam, kami berharap bahwa tahun ini akan menjadi saksi dari keajaiban kelahiran baru di istana panda kami,” ungkap Cicih Lidia, salah satu penjaga yang setia mengawasi perkembangan pasangan ini.

Ia menjelaskan bahwa jika mereka melewatkan momen berharga ini, program perkembangbiakan harus ditunda hingga tahun berikutnya.

Cai Tao dan Hu Chun

Proses perkembangbiakan panda raksasa bukanlah hal yang sepele. Mereka memiliki masa kehamilan yang bervariasi antara 90 hingga 150 hari, dan setiap kelahiran hanya menghasilkan satu anak.

BACA JUGA: Antisipasi Ledakan Pengunjung di Libur Lebaran, TSI Bogor Lakukan Ini

Karena itu, TSI berdoa agar tahun ini akan membawa berita gembira tentang tambahan anggota baru dalam keluarga panda mereka.

Meskipun saat ini mereka berada dalam masa kawin, para pengunjung yang setia tetap memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan Cai Tao dan Hu Chun di Istana Panda.

Namun, perlu diingat bahwa ada waktu-waktu tertentu di mana keduanya mungkin tidak bisa dilihat, terutama ketika proses perkembangbiakan sedang berlangsung.

Cai Tao dan Hu Chun, yang memiliki asal usul dari Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok, membawa semangat dari jauh sana ke Indonesia.

BACA JUGA: Memanjakan Mata dengan Pesona Alam di Bukit Pandang Kayen Pati

Keduanya telah melintasi batas-batas negara untuk menemukan rumah baru di TSI Cisarua, Bogor.

Kehadiran mereka tidak hanya sebagai daya tarik wisata, tetapi juga sebagai bagian dari upaya pelestarian satwa langka yang perlu dilestarikan.

Jadi, mari kita saksikan dengan penuh harap dan antusiasme. Karena di balik gerbang Taman Safari Indonesia, terjalinlah kisah cinta alam yang indah antara Cai Tao dan Hu Chun.

Dimana,  mungkin dalam waktu dekat akan melahirkan pewaris baru dari kerajaan panda mereka. ***

Pos terkait