Angklung Terbesar Dunia Akhirnya Pecahkan Rekor Guinness World Records

Angklung Terbesar
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan tepuk tangan atas keberhasilan memecahkan rekor dunia Guinness World Records (GWR). (Instagram/@jokowi)

TURISIAN.com – Dalam sebuah peristiwa yang menggetarkan hati, Indonesia mencatatkan sejarah. Yakni,  memecahkan rekor dunia melalui pergelaran angklung terbesar.

Pagelaran yang berlangsung  Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Sabtu malam, 5 Agustus 2023 diikuti 15.110 peserta.

Mereka mampu menghadirkan harmonisasi keindahan musik alat tradisional angklung asal Jawa Barat tersebut.

Tak ada yang bisa menyangkal betapa luar biasanya pergelaran ini. Prestasi yang memukau ini berhasil menggeser rekor sebelumnya yang dipegang oleh Monumen Washington, Amerika Serikat, pada tahun 2011, yang melibatkan 5.182 peserta.

Dengan angka yang begitu mengesankan, Indonesia membuktikan betapa angklung telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas budaya kita.

BACA JUGA: Saung Angklung Udjo Getarkan Panggung Qatar, Satu-satunya dari Asia

Sementara itu Tri Tito Karnavian, Ketua Panitia Acara sekaligus Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), menyatakan rasa bangganya.

Terlebih, pergelaran ini adalah wujud nyata dari prakarsa  langsung  dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi). Meskipun tidak mudah, namun berkat perjuangan dan kerjasama yang luar biasa, pergelaran ini berhasil mengukir sejarah bagi Indonesia.

Dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan, para peserta yang hadir untuk memecahkan rekor dunia ini membawakan dua buah lagu yang tak pernah lekang oleh waktu.

Yaitu “Berkibarlah Benderaku” dan “Wind of Change”. Sentuhan harmoni yang tercipta dari ribuan angklung yang digeber dengan penuh semangat menambah makna mendalam dari pergelaran ini.

BACA JUGA: Musik Angklung Masuk Deretan 34 Pentas Seni di Piala Dunia Qatar

(Instagram/@jokowi)

Warisan Budaya Indonesia

Tidak hanya sekadar meraih rekor, pergelaran angklung ini juga memiliki misi mulia untuk melestarikan alat musik angklung yang merupakan bagian berharga dari warisan budaya Indonesia.

Selain itu, peristiwa ini juga merupakan dukungan untuk para seniman yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga memberikan harapan baru bagi komunitas seni di tanah air.

Franka Makarim, salah satu panitia acara, mengungkapkan bahwa persiapan untuk mencapai harmoni yang merdu dalam pergelaran ini memerlukan kesabaran dan disiplin yang tinggi.

Persiapan telah dimulai sejak Oktober 2022, dengan peserta dari berbagai kalangan berkomitmen untuk melalui tiga bulan proses pelatihan yang intensif.

BACA JUGA: Bandung Angklung Festival Masuk 10 Unggulan Kalender Event Kota Bandung 2023

“Pergelaran angklung ini adalah buah dari proses panjang yang telah dilalui dan berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Records (GWR),” jelas Franka dengan bangga.

Dalam kesempatan yang penuh kebanggaan ini, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyaksikan langsung pemecahan rekor dunia tersebut.

Presiden dan Wapres didampingi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar. Mereka memberikan apresiasi atas kerja keras dan semangat juang dari seluruh peserta.

Dimana, mereka  telah berhasil menjadikan acara ini sebagai kenangan bersejarah bagi Indonesia.

BACA JUGA: Pengajaran Musik Angklung dengan Metode Unik oleh Ardian di Tokyo Jepang

Indonesia telah membuktikan kepada dunia bahwa harmoni dan kebersamaan mampu mengatasi tantangan dan mengukir prestasi gemilang.

Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan dan kerjasama Kemendikbudristek, yang telah memfasilitasi angklung dan pelatihan bagi seluruh peserta.

(Instagram/@jokowi)

Momentum Penting

Lebih dari itu, peristiwa ini juga menjadi momentum penting untuk menyemai cinta akan angklung di kalangan generasi muda. Sehingga kekayaan budaya Indonesia tetap bersemi di masa depan.

Dibagian lain Direktur Saung Angklung Udjo (SAU) mengemukakan  bahwa keberhasilan ini akan memberikan inspirasi bagi generasi bangsa dalam menghadapi tantangan global.

BACA JUGA: Kontes Miss Universe Indonesia Jabar Digelar di Dua Universitas Ini

Angklung, sebagai bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO sejak 2010.

“Sejak itu, Angklung akan terus mengalun indah dan menjadi cerminan kekayaan budaya kita,” tandasnya.

“Tak ada yang bisa menggambarkan betapa bangganya kita atas prestasi gemilang ini. Indonesia telah menorehkan namanya dalam sejarah Guinness World Records dengan gemilang, membawa harum nama bangsa,” sambung Kang Opik, sapaan Taufik Udjo ini.

Sebuah hadiah indah di ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78. Sekaligus moment ini memberikan pesan kuat bahwa bersama, kita mampu mencapai prestasi luar biasa.

Selamat untuk Indonesia, negeri yang memancarkan keindahan dan harmoni angklung terbesar di dunia! ***

Pos terkait