Jalan Tol Bocimi Seksi II Diresmikan, Jarak Tempuh ke Destinasi Pelabuhanratu Makin Pendek

Bocimi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Tol Bocimi Sesi II di pintu Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Bogor, Jumat 4 Agustus 2023. (Instagram/@jokowi)

TURISIAN.com – Jalur yang menghubungkan Bogor, Ciawi, hingga Sukabumi (Bocimi) kembali memasuki babak baru dalam perjalanan proyek megah infrastruktur.

Menjadi sebuah momen penting, Presiden Joko Widodo dengan penuh semangat meresmikan seksi II Cigombong – Cibadak dari Jalan Tol BOCIMI.

Tak terkecuali, seluruh masyarakat  Jawa Barat menyambut gembira dengan  dibukanya Jalan Tol BOCIMI seksi II Cigombong – Cibadak tersebut.

Tampak hadir dalam acara pembukaan di gerbang tol Parungkuda, Jumat 4 Agustus 2023, para pejabat tinggi negara, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA: Melintas di Tol Purwakarta, Mampir Deh ke Rumah Makan Ciganea

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tampak Gubernur Ridwan Kamil sumringah karena pada akhirnya tol ini bisa dibuka untuk umum.

Sepanjang 11,9 kilometer yang amat indah, Jalan Tol BOCIMI seksi II Cigombong – Cibadak akhirnya  menjadi kenyataan setelah melibas beragam tantangan pembangunan.

Dengan anggaran mencapai Rp3,2 triliun, perjuangan untuk mewujudkannya telah berbuah manis.

BACA JUGA: Mudik ke Sumatera, Ada Diskon 20 Persen Lewat Jalan Tol Ini

“Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan,” ucap Presiden Jokowi, memancarkan senyuman tulus di wajahnya yang berseri-seri.

Dampak positif dari kehadiran megaproyek ini sungguh tak terbantahkan. Perjalanan yang dulunya memakan waktu hingga 5-6 jam dari Jakarta ke destinasi wisata, kini cukup 2,5 jam saja.

Jarak tempuh bagi masyarakat yang ingin beriwisata ke beberapa destinasi, seperti  Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng, dan Gunung Gede, kini sangat dimudahkan.

BACA JUGA: Jalan Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dilewati untuk Mudik Lebaran 2023

Mobilitas Orang dan Barang

Ini merupakan terobosan besar yang tak bisa diremehkan, yang akan membuka aksesibilitas baru bagi mobilitas orang dan barang.

Perjalanan panjang dalam pembangunan Jalan Tol BOCIMI tak hanya sekadar mengurangi waktu tempuh, tetapi juga mendorong percepatan investasi di Jawa Barat.

Dalam sebuah survei, Jawa Barat meraih predikat tertinggi sebagai magnet investasi di Indonesia. Tentunya, dengan jalan-jalan tol yang tak terhitung jumlahnya sudah berdiri  di provinsi ini.

BACA JUGA: Perjalanan Domestik Diperkirakan Naik Dua Kali Lipat, Ini Catatan Traveloka

Hadirnya jalan tol ini menandai era kemajuan baru bagi Jawa Barat, membuka peluang emas untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Segala tantangan dan hambatan dalam pembangunan ini telah diatasi dengan semangat juang yang membara. Sehingga, menjadikan Jalan Tol BOCIMI sebagai simbol megah kemajuan dan kejayaan Jawa Barat.

Sementara itu jalan Tol Ciawi – Sukabumi sendiri merupakan rangkaian 4 seksi dengan total panjang luar biasa sekitar 54 km.

Seksi I Ciawi – Cigombong yang telah beroperasi sejak Desember 2018 membuktikan komitmen nyata dalam menghadirkan perubahan positif bagi masyarakat Jawa Barat.

BACA JUGA: Liburan ke Madiun, Jangan Lewatkan Kuliner Enak Ini

Pembebasan lahan pada dua seksi lainnya, yakni Seksi 3 Cibadak – Sukabumi Barat dan Seksi 4 ruas Sukabumi Barat – Sukabumi Timur masih terus berlangsung.

Namun semangat penuh telah dinyalakan, dan tak ada kekuatan yang mampu memadamkan tekad untuk menuntaskan proyek besar ini.

Dengan hadirnya Jalan Tol BOCIMI seksi II Cigombong – Cibadak, Jawa Barat telah membuka babak baru dalam sejarah perjalanan infrastruktur.

Keberhasilan ini tak hanya sekadar menghubungkan wilayah, tetapi juga menghubungkan harapan, cita-cita, dan potensi yang tiada terbatas.

Seperti pagi yang cerah, masa depan Jawa Barat kini tampak lebih bersinar dengan harapan dan optimisme yang memancar. ***

Pos terkait