Bak Balu, Spot Wisata Baru Perpaduan Air Laut di Pulau Enggano, Mau Coba?

Pulau Enggano
Perahu layar yang menjadi sarana transportasi menuju Pulau Enggani. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Ini waktu yang tepat untuk menjajal sesuatu yang baru. Buat Sobat Turusian yang punya rencana ke Bengkulu, ada spot keren banget nih di Pulau Enggano.

Namanya, Bak Blau! Lokasinya ada di Desa Meok, Dusun Kaai, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Gak usah bingung, Bak Blau itu artinya “mata biru” dalam bahasa Enggano. Airnya keren abis, kristal jernih berwarna biru kaca!

Denger-denger Bak Blau ini dekat pantai, berdampingan dengan  samudra Hindia  di sebelahnya. Makanya, orang sana manggil Bak Blau “si mata biru”.

Coba bayangin, air murni dari mata air itu ketemu sama air laut, jadilah warna biru cerah yang bikin kagum!

BACA JUGA: Berkunjung ke Masjid Jamik Bengkulu Hasil Rancangan Soekarno

Untuk itu, tempat ini rekomended banget dan patut harus mampir ke sini, guys! Siangnya bisa mancing ikan, malemnya nonton bintang-bintang!

Kalo ke Bak Blau, pasti bakal liat pemandangan keren banget dengan hutan mangrove yang rimbun di pinggiran kolam. Ada burung bangau juga dan banyak ikan yang keliatan di permukaan, asik banget!

Siang-siang bisa cemplung dan renang di Bak Blau yang menggoda banget karena warnanya yang bikin pengen langsung main air.

Tapi, tetep hati-hati ya, karena kedalamannya sekitar 3 meter dan dasarnya penuh batu kapur dan karang berpasir.

BACA JUGA: Petualangan ke Gunung Kaba Bengkulu yang Memukau

Air di kolam ini sejuk banget, tapi agak asin manis di mulut. Kebayang kan, air tawar dari mata air dicampur sama air laut. Mantul!

Nah, buat kalian yang suka sama alam, gak usah repot cari hotel. Bisa tenda-tendaan aja di tepi pantai sambil mancing atau berburu ikan. Pas malem, bisa bakar ikan hasil tangkapan sambil nikmatin pemandangan bintang di langit. Asyik banget deh!

Kapal Ferry

Tapi, beneran nih, kalo mau kesini, siap-siap aja karena perjalanan ke Pulau Enggano agak lama. Dari Kota Bengkulu bisa naik kapal ferry sekitar 12 jam.

Atau kalo mau cepet bisa juga pake pesawat perintis yang beroperasi dua kali seminggu.

BACA JUGA: Yuk Wisata ke Curug Pesuk Bengkulu Tengah yang Indah!

Biar gak kesenggol sinar matahari yang terik, jangan lupa bawa perlengkapan dan perlindungan yang cukup ya. Enggano ini emang kawasan yang lumayan panas.

Di jalan setapak menuju Bak Blau yang udah dicor, kita bakal disuguhin pemandangan satwa-satwa endemik yang unik. Jangan lupa abadikan momennya lewat kamera biar bisa dibagikan ke temen-temen!

Jadi, buruan merapat ke Pulau Enggano, nikmatin Bak Blau, dan explore keindahan alamnya yang gak kalah seru dengan spot lainnya! Mantap! ***

Pos terkait