Liburan ke Solo, Gak Nyobain Kuliner Khas Ini Rasanya Ada yang Kurang Guys

Liburan ke Soolo
Makanan Khas Solo, Serabi. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Kabar asyik buat Sobat Turisian. Bagi  Kalian yang lagi liburan ke Solo wajib banget cobain kuliner satu ini.  Kuliner, khas yang kece abis, yaitu Serabi Solo! Serabi

ini baru aja dapet pengakuan internasional, loh! Masuk ke tiga besar jajanan manis terbaik di dunia versi situs kuliner top, TasteAtlas, Juni 2023.

Serabi Solo ini dapet skor 4,7 poin dan hanya kalah dari pastel de nata dari Portugis.

Makanan tradisional  itu bentuknya kayak pancake dan rasanya nikmat banget! Ada banyak jenis serabi di Indo, salah satunya Serabi Notosuman dari Solo.

BACA JUGA: Pura Mangkunegaran Solo Bakal Ramai, Ada Pertunjukan Sudamala Besutan Nicholas Saputra

Ini beda banget, guys, dari serabi di tempat lain. Bahan-bahannya dari pandan, tepung beras, vanila, gula, santan, dan garam.

Trus, proses masaknya pake wajan kecil dari tanah liat di atas arang. Bikin rasanya jadi unik abis!

Serabi Notosuman ini punya beberapa rasa, tapi yang paling ngehits rasa original dan cokelat, nendang banget! Makan serabi ini, berasa wangi santan yang bikin nagih.

Manisnya pas, gurihnya juga mantul! Biasanya disajikan dalam bentuk gulungan dengan daun pisang, jadi makin wangi dan ala-ala tradisional gitu.

BACA JUGA: Makanan Khas Solo Legendaris, Cicipi Rekomendasi 7 Kuliner Ini

Ikon Kuliner

Ceritanya, dulu Serabi Notosuman ini modifikasi dari appen khas India gitu. Tapi seiring berjalannya waktu, jadi ikon kuliner Solo deh! Makanya, jangan sampe ketinggalan cobain lezatnya kuliner keren ini, ya!

Ada fakta seru lagi nih, Serabi Notosuman ini ternyata usulnya dari gerai apem yang dibuka pasangan Hoo Gek Hok dan Tan Giok Lan di tahun 1923.

Mereka jualan apem, tapi ada pelanggan yang minta dibikin apem pipih. Eh, ternyata malah jadi sukses dan berkembang jadi Serabi Notosuman yang hits!

Sekarang ini, Serabi Notosuman udah jadi ikon kuliner di Kota Solo. Bahkan ada pusat jajanan serabi di Pasar Pon dan Kampung Notokusuman yang dikenal banget dengan Serabi Notosuman.

BACA JUGA: Mengagumi Kemegahan Masjid Sheikh Zayed, Wisata Religi di Kota Solo

Serabi Notosuman ini beda banget, guys! Mereka tumbuk berasnya sendiri dan pake beras cendani dari Cianjur yang top banget kualitasnya!

Serabi ini juga nggak pake bahan pengawet, jadi harus makan pas fresh!

Handayani dan Lidia

Ngomong-ngomong soal turun-temurun, bisnis serabi ini udah diwariskan ke kakak beradik Handayani dan Lidia.

Mereka jadi penerus gerai Serabi Notosuman yang terkenal itu. Handayani jualan di Jalan Mohammad Yamin, sementara Lidia punya outlet sendiri.

BACA JUGA: Jalan-jalan Santai di Taman Balekambang Solo

Gak cuma di Solo, mereka juga punya outlet Serabi Notosuman di kota lain seperti Bandung dan Jakarta. Asik, kan? Meskipun punya outlet beda, tapi rasanya tetap juara dan identitasnya terjaga.

Serabi Notosuman Handayani dan Lidia ini punya konsep open kitchen, jadi kita bisa lihat langsung proses pembuatannya. Makan serabinya sambil lihat live cooking, pasti seru banget!

Yuk, guys, mumpung lagi liburan ke Solo, jangan sampai lewatkan kesempatan buat cobain kuliner legendaris ini! Serabi Notosuman, makanan khas Solo yang bikin lidah bergoyang! Cuss, jajan. ***

Pos terkait