Agoda Potret Kebiasaan Wisatawan Indonesia Saat Pesan Kamar Hotel

Agoda
Ilustrasi. Breakfast di Hotel. (Dok.iStock)

 TURISIAN.com РAgoda, platform perjalanan digital terkemuka, baru saja mengungkapkan fakta menarik tentang kebiasaan para wisatawan Indonesia dalam memesan hotel.

Dalam keterangan pers yang diterima baru-baru ini, Agoda menyatakan bahwa wisatawan Indonesia ternyata jarang menyertakan pilihan sarapan saat memesan akomodasi.

Itu pula sebabnya platform ini menempatkannya Indonesia pada posisi ketujuh di antara sepuluh negara Asia lainnya dalam hal preferensi sarapan.

Lantas, siapa yang menjadi juara dalam urusan memesan akomodasi termasuk sarapan? Ternyata, wisatawan asal Taiwan menguasai peringkat pertama.

BACA JUGA: Perjalanan Domestik Diperkirakan Naik Dua Kali Lipat, Ini Catatan Traveloka

Data menunjukkan bahwa hampir setengah wisatawan Taiwan, sekitar 46 persen, selalu memilih untuk menikmati sarapan di hotel mereka.

Sementara itu, Vietnam dan India juga menunjukkan kecenderungan yang tinggi dengan persentase 43 dan 42 persen, menduduki posisi kedua dan ketiga dalam hal ini.

Kehadiran Indonesia di peringkat ketujuh dengan kebiasaan jarang memesan sarapan menjadi sorotan menarik. Dengan hanya 29 persen wisatawan Indonesia yang memilih opsi sarapan saat memesan hotel.

Negara ini harus berbagi posisi buncit dengan Korea Selatan. Di bawahnya, Jepang dan Malaysia masing-masing berada di peringkat sembilan dan sepuluh.

BACA JUGA: Nonton Konser Coldplay di Singapura, Nginep di Batam Aja Guys, Ini Hotel 200 Ribuan

Popularitas Opsi Sarapan

Yakni, dengan persentase kecil 27 dan 23 persen, menunjukkan bahwa sarapan bukanlah prioritas utama bagi para wisatawan di negara-negara tersebut.

Menariknya, hasil analisis data pemesanan hotel Agoda dari Mei hingga Juni 2023 mengungkapkan beberapa faktor yang mempengaruhi popularitas opsi sarapan.

“Sering kali fleksibilitas untuk memutuskan di menit-menit terakhir tergantung pada rencana Anda selama perjalanan,” ungkap Enric Casals, Wakil Direktur Regional Agoda untuk wilayah Asia Tenggara, Oseania, dan India.

“Tetapi, perlu dicatat bahwa jika Anda berencana untuk memulai hari dengan makan, memesan sarapan sekaligus saat memesan hotel seringkali lebih murah,” sambungnya.

BACA JUGA: Vihara Thay Hin Bio, Destinasi Relegi yang Banyak Memiliki Keunikan

Selain itu, perbandingan antara perjalanan domestik dan internasional juga menunjukkan perbedaan dalam preferensi.

Wisatawan yang melakukan perjalanan internasional cenderung memilih opsi “sudah termasuk sarapan” dengan persentase 37. Sedangkan wisatawan dalam negeri hanya sekitar 31 persen yang memilih opsi tersebut.

Agoda juga mengungkapkan variasi dalam preferensi sarapan di beberapa negara Asia. Vietnam menempati posisi teratas dalam hal pilihan sarapan, diikuti oleh Taiwan dan Filipina.

Sementara itu, Jepang, Malaysia, dan Singapura menunjukkan minat lebih rendah terhadap sarapan prasmanan.

BACA JUGA: Pemesanan Kamar Hotel Milik BUMN Sudah Mencapai 50 Persen

Namun, di Korea Selatan, kenyataannya sangat mengejutkan, hanya 1 dari 10 wisatawan yang memilih untuk menyertakan sarapan dalam pemesanan hotel mereka.

Penemuan menarik ini memberikan gambaran yang menarik tentang kebiasaan wisatawan Indonesia dan preferensi sarapan di berbagai negara Asia.

Meski sarapan bukanlah prioritas utama bagi wisatawan Indonesia, faktor fleksibilitas dan harga yang lebih murah bisa menjadi pertimbangan utama bagi mereka dalam memesan akomodasi. ***

Pos terkait