Kenduri Seni Melayu Libatkan 24 Sanggar Kesenian, Kota Ini Jadi Tuan Rumah

Kenduri Seni Melayu
Event tahunan Kenduri Seni Melayu kembali digelar di Kota Batam,Kepulauan Riau. (Instagram/@satukepri)

TURISIAN.com – Sebanyak 24 sanggar kesenian dari seluruh Nusantara terlibat dalam acara  tahunan Kenduri Seni Melayu di Kota Batam, Kepulauan Riau! Mantap abis, bro!

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, menyampaikan  kalo 24 sanggar kesenian itu dateng dari berbagai kota.

Mulai dari Kota Sibolga, Kota Pekanbaru, Kabupaten Meranti, Kabupaten Lingga, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun, dan Kota Medan.

Acaranya sendiri sudah berlangsung sejak 15 hingga 18 Juni 2023 mendatang.

BACA JUGA: Proyek Bandara Internasional Batam Senilai 2,18 Triliun di Mulai

Macem-macem keunikan budaya mereka dipamerin, ada tarian-tarian keren dan budaya lainnya yang ditampilin dalam bentuk kafilah gitu deh.

Katanya sih acaranya berlangsung dua hari, pastinya seru banget dan diisi sama penampilan-penampilan budaya yang keren abis!

Contohnya, ada penampilan dari Kota Medan yang nunjukin keberagaman etnis mereka. Tentu, dengan selalu menjaga keharmonisan antar-suku Melayu yang udah lama hidup berdampingan sama etnis lain.

Maksudnya, Medan itu kota yang keren banget dan punya identitas sendiri, bro!

BACA JUGA: Negara Serumpun Turut Meriahkan Festival Kenduri Seni Melayu di Batam

Kolaborasi Seru

“Dalam Kenduri Seni Melayu ini, kita bisa liat kolaborasi seru antara tari dan musik dari budaya berbeda-beda,” ujar si Ardiwinata.

Enggak cuma 24 sanggar kesenian, ada juga lima negara yang ikutan, loh! Ada Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Myanmar, dan India.

Wah, nggak kalah keren! Ada tari klasik India yang berasal dari berbagai daerah di India, dan juga penampilan lagu dan tari dari Myanmar yang terkenal dengan budayanya yang kece.

BACA JUGA: Yuk Liburan ke Pulau Ranoh Batam yang Indah Menawan!

Di sisi lain, si Jefridin Hamid, Sekretaris Daerah Kota Batam, kagum banget sama pelaksanaan Kenduri Seni Melayu yang meriah ini. Menurutnya, acara ini bisa mempererat tali silaturahmi dan melestarikan kebudayaan Melayu yang keren abis!

“Kenduri Seni Melayu ini nggak cuma buat mempererat silaturahmi, tapi juga buat ngejaga dan melestarikan seni Melayu dan seni Nusantara lainnya, bro,” kata Jefridin.

Dia juga nambahin kalo acara ini bisa bikin ekonomi masyarakat jadi lebih hidup, soalnya ada bazar juga di tempat acara. Seru banget, bro!

Pengunjungnya banyak banget, bahkan ada wisatawan mancanegara yang dateng ke acara tahunan keren ini di Batam. Keren abis, kan? ***

Pos terkait