Pantai Kukup, Destinasi yang Lagi Hits di Gunungkidul Guys

Lagi hits di Gunungkidul
Pulau Rocky Jumpino di kawasan Pantai Kukup, Gunungkidul, Yogyakarta. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Pantai Kukup, jadi destinasi yang lagi hits di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantainya punya pesona alam yang khas dengan pasir putih yang jadi favorit para wisatawan.

Nah,  kita cari tahu di mana Pantai Kukup Yogyakarta itu berada ya.  Jadi, Pantai Kukup ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Berada sekitar 62 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Buat kamu yang mau ke sana, bisa pake kendaraan pribadi, baik motor atau mobil.

Waktu tempuhnya sekitar 1,5-2 jam. Atau kalau mau seru-seruan bareng teman-teman, bisa juga naik bus sewaan.

BACA JUGA: Kabupaten Gunungkidul Lagi Heboh Nih, Ada Hidden Kuliner, Seperti Apa Sih?

Tiket masuk ke Pantai Kukup gak bikin kantong jebol, cuma 10 ribu rupiah aja per orang. Untungnya lagi, dengan tiket itu, kamu juga bisa mampir ke Pantai Krakal dan Pantai Sundak, loh. Jadi, bisa liburan tiga pantai sekaligus!

Pantai Kukup emang nggak main-main, bro. Gak salah kalau sekarang lagi hits di Gunungkidul. Pemandangan pantainya yang indah dipadu sama bukit karang yang nambah cantiknya pantai.

Banyak orang bilang Pantai Kukup ini kayak Tanah Lot di Bali, gitu. Makanya banyak banget turis lokal maupun mancanegara yang suka kesini.

BACA JUGA: 34.501 Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Gunungkidul

Spot-spot Keren

Di Pantai Kukup ada spot-spot keren yang harus kamu coba, nih:

  1. Gardu Pandang di Pulau Karang: Ada pulau karang dengan gardu pandang di atasnya. Tempat ini oke banget buat foto-foto, sambil ngeliatin sunset. Kamu juga bisa nyeberang ke pulau karangnya lewat jembatan yang udah disediain.
  2. Wisata Budaya Sedekah Laut: Di Pantai Kukup juga sering ada upacara adat Sedekah Laut. Upacara ini biasanya dilakukan pas bulan Suro dalam penanggalan Jawa. Mereka bakal ngelarungin berbagai sesaji ke laut. Seru banget buat dijadiin wisata budaya yang khas, bro.
  3. Biota Laut yang Seru: Pantai Kukup nggak cuma cantik di darat, tapi juga punya biota laut yang keren banget. Pas air laut surut, kamu bisa nemuin banyak banget biota laut di pinggir pantai, kayak bulu babi, kerang, alga laut, dan macem-macem ikan.
  4. Spot Foto Instagramable: Liburan ke pantai kalau nggak foto-foto, kurang asik, kan? Di Pantai Kukup, kamu bisa dapetin spot-spot keren buat foto. Matahari tenggelam, air surut, langit, dan batu-batuan di pantai bikin foto kamu jadi eksotis banget.

BACA JUGA: Pantai Watunene, Hidden Gem di Gunungkidul yang Memukau

Di sekitar pantai juga udah ada fasilitas yang lengkap, bro. Ada tempat parkir yang luas, mushola, kamar mandi, dan warung makan.

Jadi, gak perlu khawatir kekurangan fasilitas saat berkunjung ke Pantai Kukup. Udah ada tempat buat parkir yang gede, mushola buat beribadah, kamar mandi, dan juga warung makan buat ngisi perut.

Oh ya, untuk rutenya sendiri, aksesnya cukup gampang banget, bro. Dia bersebelahan sama Pantai Baron, jadi kamu bisa sekalian mampir ke dua pantai sekaligus.

BACA JUGA: Objek Wisata Gunungkidul, Siap-siap Ditinggalkan Pengunjung

Rute Menuju Pantai

Pokoknya, jalanannya agak berkelok-kelok, jadi harus hati-hati ya kalau mau ke sana. Ada beberapa rute yang bisa kamu pilih:

  1. Rute pertama, dari Jalan Jogja-Solo. Kamu ikutin aja jalan menuju Candi Prambanan. Setelah melewati Candi Prambanan, nanti ada simpang tiga. Ambil aja arah kanan dan terus ikutin jalan sampai ke jalan Baron. Nah, dari sana kamu langsung bisa nyampe ke Pantai Kukup.
  2. Rute kedua bisa kamu sesuaikan dengan posisimu. Misalnya, kamu berada di kota Yogyakarta atau sekitarnya, langsung aja menuju Jalan Ringroad Selatan. Lanjutkan perjalanan sampai ke jalan Wonosari atau simpang empat kedua setelah terminal Giwangan. Trus, ikutin aja jalan sampe ke Jalan Baron. Nah, dari situ kamu bakal melewati jalur yang sama kayak rute yang udah dijelasin tadi.

Jadi, Pantai Kukup ini letaknya di sebelah timur Pantai Baron, gak jauh-jauh banget. Sekitar 1 kilometer aja. Selain itu, Pantai Kukup juga sejajar dengan Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Sepanjang, dan pantai-pantai lainnya di sekitarnya.

Itu dia beberapa informasi mengenai Pantai Kukup Yogyakarta versi anak muda. Dari lokasinya yang kece, harga tiket yang ramah di kantong, daya tarik pantainya yang memukau.

Sampe rutenya yang gampang dijangkau. Jadi, jangan lupa ajak teman-teman buat liburan seru ke Pantai Kukup yang lagi hits di Gunungkidul ya! ***

Pos terkait