Nasi Uduk Ala Betawi Ini, Ramainya Minta Ampun Deh, Segimana Enaknya Sih?

Nasi uduk ala Betawi
Salah satu menu Nasi uduk Bang Dihul: Foto: Ist

TURISIAN.com – Meskipun berada di saung, tempat makan nasi uduk ala Betawi di Tangerang ini kebangetan ramai, bro! Makin malam, makin penuh aja. Di sini ada puluhan lauk yang bikin perut mewek!

Warung Nasi Uduk Bang Dihul Kejaksaan udah terkenal banget, bro! Banyak banget yang bahas di YouTube dan sosmed lainnya.

Lokasinya di daerah Kreo, Tangerang. Katanya, nasi uduk Betawi di sini paling juara di Kreo dan Larangan, Tangerang.

Jam buka mulai jam 16.30, setiap harinya warung nasi uduk Bang Dihul ini selalu menyajikan 21 lauk yang beda-beda. Semua masakan disiapin sendiri, pake resep turun-temurun keluarga.

Porsinya gede banget, lho dan harganya juga ramah di kantong. Semua makanan disajikan panas-panas menggoda. Gak percaya?

BACA JUGA: Chris Martin Coldplay Bakal Diajak Mencicipi Kuliner Indonesia

Ini dia beberapa makanan enak di Nasi Uduk Bang Dihul Kejaksaan atau nasi uduk ala Betawi.

Terkenal Sejak Lama

Dulu sebelum punya warung sederhana di Jalan Kejaksaan IIIA No. 40, Bang Dihul jualan pinggir jalan aja cuma pake meja kecil. Tapi karena pembelinya makin banyak, akhirnya pindah ke warung sekarang. Tempatnya sederhana tapi nyaman buat makan di situ, bro!

Bang Dihul udah jualan nasi uduk khas Betawi ini selama 13 tahun, setiap hari buka terus, bro! Menu spesialnya emang nasi uduk Betawi, dan lauknya masakan rumahan Betawi.

Semua resepnya warisan keluarga Bang Dihul, jadi lauknya gak pernah berubah dari dulu. Pelanggannya selalu setia balik buat makan nasi uduk di sini.

Konsep Nasi Uduk Bang Dihul mirip warteg. Kamu bisa pilih sendiri lauk apa yang mau di nasi uduknya di meja prasmanan. Semua masakannya fresh dan baru, bukan sisa kemarin-kemarin, bro!

BACA JUGA: Ndalem Katresnan, Kuliner yang Lagi Hits di Bandung, Disini Tempatnya

Setiap hari mereka bisa masak 21-25 lauk. Favoritnya pelanggannya bervariasi karena selera kan beda-beda.

Tapi yang paling cepet abis biasanya semur jengkol, jengkol balado, ayam goreng serundeng, semur telur tahu tempe, sampe orek tempe, bro!

Harganya masih murah, dan porsinya banyak! Semur telur hingga tahu tempenya, misalnya, cuma Rp 8.000 per buah.

Semur jengkol dan jengkol baladonya juga Rp 8.000 per porsi. Ayam goreng atau ikan ukurannya gede, jadi harganya Rp 15.000 per potong.

Kalau nasi uduknya sendiri cuma Rp 6.000 per porsi! Bisa makan pakai orek tempe atau gorengan juga boleh, bro!

Jadi gak harus pesen lauk yang mahal. Modal Rp 8.000 aja udah bisa makan kenyang di sini.

BACA JUGA: Kabupaten Gunungkidul Lagi Heboh Nih, Ada Hidden Kuliner, Seperti Apa Sih?

Nasi Uduk Betawi yang Bikin Nagih!

Oh iya, setiap hari mereka masak 25 liter nasi uduk. Satu liter bisa buat 40 porsi nasi uduk, jadi kalo diitung-itung, setiap hari mereka jual seribu porsi nasi uduk.

Gak heran sih, nasi uduk Bang Dihul ini laris manis. Wanginya udah kayak parfum, bro, karena pake santan asli.

Rasanya juga gurih abis, nasi uduknya gak lembek-lembek, teksturnya pas banget. Bahkan kalo dimakan cuma sama kerupuk aja udah enak, gak perlu lauk apapun, wah!

Sementara lauk andalannya, semur jengkol dan jengkol balado, juga gak kalah enak. Rasanya gak pahit sama sekali, dan teksturnya empuk banget.

Jengkolnya direndam semalaman, bro, terus direbus sampe dua jam biar lembut dan gak bau. Baru deh diolah jadi semur atau balado. Mantap!

BACA JUGA: Kuliner di Kampung Ujung, Pantesan Presiden Jokowi juga Kesini Bro..

Lauk Sederhana yang Juara

Nasi uduk dengan lauk-lauknya disajikan dengan sambel kacang pedas yang meresap banget.

Ada juga kerupuk putih yang ngangenin di piring terpisah. Di meja makan, ada gorengan yang masih anget, seperti bakwan, risol, sampe tempe tepung. Harganya cuma Rp 2.000 per biji.

Semua lauk di sini gak ada yang mengecewakan, bro! Ayam gorengnya gurih banget dengan serundeng kelapa yang nambah cita rasanya.

Telur dadarnya lembut, gak terlalu kering. Orek tempe dan bihun gorengnya juga juara banget buat nemenin nasi uduk klasik, bro!

Nah, buat yang mau makan di sini, harus dateng sebelum jam 19.00 biar pilihan lauknya masih lengkap, cin.

Siapin juga uang tunai buat bayarnya. Semua menu ini juga bisa diorder lewat aplikasi ojek online.

Warung ini buka setiap hari mulai jam 16.30 sampai jam 00.00 malam. Lokasinya gak jauh dari Halte TransJakarta Adam Malik.

Jadi, jangan sampe ketinggalan buat nyobain nasi uduk legendaris di sini, bro! ***

Pos terkait