Bawa Makanan dan Minuman di Pesawat, Apa Saja Sih yang Boleh?

Minuman di Pesawat
Seorang wanita tersenyum di sela-sela menikmati makanan di atas pesawat. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Kuy, buat kalian yang suka nanya-nanya, boleh gak sih bawa makanan sama minuman di pesawat? Nah, jawabannya adalah boleh banget, guys!

Jadi, penumpang diperbolehkan bawa makanan dan minuman ke pesawat, loh. Kabar baiknya, ini udah diumumin sama Transportation Security Administration (TSA) di Amerika sana. Jadi internasional banget, kan?

Tapi, ada nih beberapa makanan sama minuman yang harus diinget, jangan dibawa ke pesawat. Terutama yang berbentuk cairan, aerosol, atau gel.

Nah, aturan yang berlaku adalah cairan, aerosol, atau gel yang boleh dibawa maksimal 100 ml aja, guys. Ini udah diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/43/III/2007, deh.

BACA JUGA: Sambut Kedatangan Maskapai Emirates A380, Gubernur Wayan Ingatkan Ini

Gimana sih cara bawa makanan sama minuman yang boleh? Tenang, gue kasih tau, bro! Yang pertama, makanan bayi, susu formula, sama ASI perah boleh banget dibawa. Tapi jangan lupa kasih tau petugasnya, ya.

Oh iya, jangan lupa juga pake wadah yang bening buat bawaan bayi, biar gampang di-check sama petugas. Perlengkapan makanan bayi lainnya juga boleh, kayak ice gel.

Produk Dalam Kaleng

Terus, buat kalian yang suka bawa makanan krim, produk dalam kaleng, atau botol, harus inget ya. Karena, masih berlaku aturan cairan, aerosol, atau gel maksimal 100 ml. Misalnya, krim keju, selai, atau saus yang kalian suka.

Sementara buat yang pengen bawa seafood atau daging, bisa juga, guys! Tapi, harus di-packaging dengan rapat supaya bau nya gak mengganggu penumpang lain. Jadi, pilih kemasan yang ada segelnya, biar aman.

BACA JUGA: Maskapai Garuda Indonesia Mau Launching Pikachu Jet, Desainnya Pokemon Banget Guys

Kalau suka bawa camilan berupa kue, gak masalah kok! Donat, pai, brownies, atau cupcakes bisa dibawa ke kabin pesawat.

Cuman, jangan lupa tetep jaga kebersihan, ya.

Oh ya, gak cuma makanan dan minuman aja, kalian pasti suka bawa hand sanitizer kan? Apalagi sejak pandemi ini. Nah, kabar baiknya, kalian boleh bawa hand sanitizer sekarang.

TSA nambahin kapasitasnya jadi 12 ons per botol, dan boleh bawa satu botol per orang. Baik yang bentuk gel atau cair, semua boleh, guys.

Tapi inget ya, setiap maskapai bisa aja punya aturan tersendiri tentang barang bawaan. Jadi, sebaiknya cek langsung sama maskapai sebelum berangkat, supaya perjalanan kalian nyaman dan aman.

BACA JUGA: Maskapai Garuda Indonesia Berikan Potongan Harga Tiket, Ikuti Acara Ini

Jaga Kebersihan

Gimana, udah pada paham, kan? Kalian boleh bawa makanan sama minuman ke pesawat, tapi tetap ada aturannya, ya. Jangan sampe diingetin lagi sama petugas bandara, malu kan? Hehehe

MeskiĀ  kita udah tau kalo kita boleh bawa makanan dan minuman ke pesawat, tapi masih ada beberapa hal yang perlu diinget, nih.

Pertama, cek lagi deh barang bawaan kita sebelum masuk ke pesawat. Kalo ada yang bikin alarm berbunyi pas di-scan, rusak, atau bisa jadi masalah keamanan lainnya, yah maaf bro, gak boleh bawaan itu masuk pesawat deh.

BACA JUGA: Maskapai Penerbangan Batik Air Buka Rute Baru, Ini Daftarnya

Oh iya, jangan lupa juga buat tetep menjaga kebersihan selama di kabin pesawat. Kita gak mau bikin ribet penumpang lain dengan kebersihan kita yang kurang oke.

Usahainlah selalu bawa tisu basah atau tisu antibakteri buat bersihin tangan atau area sekitar kita, ya.

Yah, gitu deh, bro! Sekarang kalian udah tau aturan bawa makanan dan minuman di pesawat. Ingat, penting banget buat mematuhi aturan ini supaya penerbangan kita aman dan nyaman.

Sekali lagi, Sobat Turisian ingetin nih, sebelum berangkat, pastikan kalian sudah tahu semua peraturannya dan siap-siap bawa makanan kesukaan kalian. Have a great flight, guys! ***

Pos terkait