Sambut Kedatangan Maskapai Emirates A380, Gubernur Wayan Ingatkan Ini

Maskapai Emirates A380
Official Emirates A380 menunjukan miniatur pesawat kepada Gubernur Bali Wayan Koster saat pendaratan pertama di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis 1 Juni 2023. (Instagram/@pemprov_bali)

TURISIAN.com – Gubernur Bali, Wayan Koster mengingatkan wisatawan mancanegara (wisman) yang dateng pake maskapai Emirates A380 menghormati budaya Bali. Termasuk, didalamnya  menjaga image pariwisata Bali.

“Kami yakin, wisman yang dikirim Emirates ini pasti orang-orang yang punya harga diri. Dan menghormati nilai-nilai budaya dan adat istiadat Bali,” kata Gubernur Wayan Koster.

Hal itu ia saat menyambut maskapai Emirates Airlines A380 mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis 1 Juni 2023.

Gubernur ini ngerasa akhir-akhir ini banyak wisman yang tingkahnya kurang oke di Bali.

Mereka gak menghormati budaya, adat istiadat, dan norma-norma Bali maupun Indonesia, guys.

BACA JUGA: Akhir Cerita Wisatawan Jerman yang Telanjang di Bali, Begini Nasibnya

Kelakuan wisman yang kagak pantas kayak gitu tentunya bikin pariwisata Bali kita rusak. Padahal selama ini kita bangga banget sama norma-norma, adat istiadat, dan budaya Bali.

“Kita berharap ke depannya gak ada lagi kejadian kaya gitu, dan kami yakin  wisman yang dikirim Emirates ini punya harga diri,” ujarnya.

Gubernur Wayan Koster sendiri juga udah keluarin surat edaran terbaru. Yakni, tentang kewajiban dan larangan buat wisman di Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2023.

BACA JUGA: Bali Safari Park Luncurkan Atraksi Terbaru Rainforest Trail, Ada Tiket Gratis

Penghormatan ke Pura-pura

Dalam surat edaran itu, dikasih tau kalo wisman wajib ngasih penghormatan ke pura-pura dan simbol-simbol keagamaan.

Juga harus bener-bener menghormati adat istiadat, tradisi, seni, dan upacara keagamaan.

“Harus pakai baju yang sopan dan pantas pas lagi jalan-jalan di Bali. Baik di tempat suci, tempat wisata, tempat umum,” katanya.

BACA JUGA: Pulau Bali Bakal Dibanjiri Wisdom 7 Hari Sebelum Lebaran

”Selain itu ya harus berkelakuan sopan di tempat suci, tempat wisata, restoran, tempat belanja, jalan raya, dan tempat umum lainnya,” sambungnya.

Terus, Koster juga ngeharusin wisman yang dateng ke Bali harus ada pemandu wisata yang berizin.

Setidaknya, yang tau banget tentang tempat wisata, alamnya, adat istiadat, dan kearifan lokal yang ada.

Di surat edaran itu, Koster juga menekankan supaya wisman tukerin uang asingnya di tempat yang resmi, juga bayar pake kode QR atau pake rupiah aja. ***

Pos terkait