Menparekraf Kunjungi JakCloth Lebaran 2023 dan Muslim Market Indonesia

JakCloth Lebaran 2023
Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke JakCloth Lebaran 2023 dan Muslim Market Indonesia.

TURISIAN.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi event JakCloth Lebaran 2023. Kunjungan tersebut berlangsung pada Sabtu (8/4/23). Bertempat di di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Dalam kunjungannya itu, Menparekraf Sandiaga Uno menuturkan, event JakCloth Lebaran 2023 menjadi momentum kebangkitan ekonomi kreatif pascapandemi COVID-19. Terutama untuk subsektor fesyen dan kuliner.

“JakCloth ini saat pandemi juga sempat kita coba dorong dan tahun lalu (JakCloth) juga ada kerja sama dengan Kemenparekraf,” ujar Sandiaga dalam siaran pers Kemenparekraf, 9 April 2023.

Sandiaga juga memaparkan, industri fesyen menyumbang 18 persen dari perolehan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Namun di sisi ekspor, fesyen menyumbang 66 persen dari nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia.

Baca juga: Kemenparekraf Gandeng Air New Zealand, Kenalkan Tren Baru Pariwisata Bali Pascapandemi

“Jadi fesyen ini membuka peluang usaha yang luar biasa dan lapangan kerja yang sangat banyak. Kita berharap banyak anak-anak muda yang terjun ke industri fesyen. Sehingga kita bisa menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” ungkap Sandiaga.

Lebih lanjut Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, festival fesyen lokal dan kuliner JakCloth Lebaran 2023 ini, awalnya berlangsung pada tanggal 5 sampai 11 April 2023. Namun, karena pelaksanaannya bertepatan dengan bulan Ramadan dan jelang hari raya Idulfitri. Maka festival dengan peserta 360 merek fesyen lokal ini, akan perpanjang hingga 16 April 2023.

“Karena masih banyak (masyarakat) yang membutuhkan baju lebaran, jadi keseruan ini akan dilanjutkan sampai 16 April 2023,” tuturnya.

Muslim Market Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke acara lain di lokasi yang sama dengan JakCloth Lebaran 2023. Yaitu Muslim Market Indonesia yang bertempat di Hall A JCC.

Baca juga: Kemenparekraf Dukung Jakarta Muslim Fashion Week 2024

Muslim Market Indonesia sendiri merupakan festival dan pameran produk-produk fesyen muslim dan produk-produk halal, seperti kosmetik dan kuliner. Kegiatan yang satu ini berlangsung dari tanggal 5-11 April 2023.*

 

 

Sumber & Foto: Kemenparekraf

Pos terkait