Kebanggaan Bagi Indonesia, Musisi Ini Mejeng di New York Times Square

Kebanggaan Bagi Indonesia
Musisi Woro Widowati berhasil menembus pasar internasional. Ia pun mejeng di New York Times Square atas pencapaiannya, khusus di Spotify dengan mencatat statistik pendengar yang luar biasa besar. Karya- karyanya telah diputar lebih dari 50 juta kali. (Instagram/@worow0ro)

TURISIAN.com – Sebuah kebanggaan bagi Indonesia, salah satu talenta musik daerah berhasil menembus pasar internasional.

Musisi Woro Widowati baru-baru ini mejeng di billboard raksasa New York Times Square, Amerika Serikat baru-baru ini.

Ia diperkenalkan sebagai salah satu bintang yang diperkenalkan Spotify dalam rangkaian kampanye EQUAL.

“Terharu dan juga bangga karena akhirnya bisa membuktikan bahwa musisi daerah bisa tampil di platform international. Dan lebih dikenal masyarakat mancanegara,” kata Woro dalam siaran resminya, Sabtu.

Woro pun menyampaikan terima kasih kepada Believe AS. Karena melalui mereka, ia  jadi punya banyak pengalaman dan menambah wawasan.

BACA JUGA: Mengenang Musisi Glenn Fredly, Konsernya Bakal Digelar di Ancol

“Lalu, dampak terhadap karirku juga sangat-sangat besar. Di mana dulu aku cuma dikenal sebagai penyanyi cover lagu daerah. Sekarang karena EQUAL banyak orang di luar negeri yang mengenal lagu-lagu Jawa terutama dangdut,” imbuhnya.

Kampanye EQUAL adalah upaya nyata untuk mendorong perkembangan artis dan content creator perempuan di seluruh aset Spotify.

Kesempatan ini, membawa karya-karya mereka untuk bisa dipaparkan ke lebih banyak pendengar yang berdomisili di berbagai sudut dunia.

Hingga saat ini, sudah lebih dari 400 artis dan content creator dari seluruh penjuru dunia jadi bagian dari kampanye ini.

Woro Widowati menjadi salah satu nama di dalam daftar elite tersebut.

BACA JUGA: 7.000 Tiket Konser Dream Theater di Solo Ludes Terjual, Para Musisi Telah Tiba

Woro Widowati, khusus di Spotify, mencatat statistik pendengar yang luar biasa besar. Karya- karyanya telah diputar lebih dari 50 juta kali.

Di antaranya Dalan Liyane, Menepi, Aku Ikhlas dan Ikhlas Ngenteni. Ia merupakan artis pop Jawa pertama yang berhasil mendapatkan highlight focus model ini.

Believe Artist Services

Believe Artist Services (Believe AS), selaku mitra yang menaungi karya-karya Woro Widowati, secara khusus telah mulai menangkap fenomena ini sejak 2021.

Secara berkala, Believe AS ikut serta dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan potensi yang dimiliki oleh artis-artis hyperlocal lewat serangkaian strategi pemasaran, produksi dan promosi.

BACA JUGA: Mengenang ‘Goodfather of Broken Heart’ Google Doodle Tampilkan Wajah Didi Kempot

“Kami merasa perlu untuk memberi fokus pada lini musik ini. Karena memang, secara nyata, pendengarnya banyak,” ucap Head of Artist Services Indonesia dari Believe AS, Fajar Putra Jaya.

Seiring bergeraknya penetrasi internet dalam medium yang dinamis, banyak potensi yang bisa digali.

Musik Indonesia yang Inklusif

“Dan kami ingin ikut serta mengembangkan musik Indonesia yang inklusif, yang mencakup berbagai macam lini, genre, masyarakat dan lintas kota,” lanjut Putra.

Upaya ini mulai memberikan hasil nyata. Berbagai macam Digital Streaming Platform (DSP) mulai memberi perhatian.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Khususnya, pada musik hyperlocal dengan menciptakan editorial khusus, memberi highlights playlist serta rekomendasi aktif pada pendengar.

“Ini eranya para musisi hyperlocal. Apa yang terjadi dengan Spotify dan Woro Widowati adalah salah satu contoh bagus untuk kita semua. Bagaimana potensinya ternyata bisa sangat besar,” tegas Fajar Putra Jaya.

Woro adalah perempuan kesekian yang dipilih Spotify untuk merepresentasikan musisi perempuan Indonesia dalam kampanye EQUAL.

Sebelumnya, ada pula Nadin Amizah, NIKI, Mahalini hingga Lyodra. Talenta-telanta ini yang membuat kebanggaan bagi Indonesia.

***

Sumber: Antaranews

Pos terkait