Warna-Warni Kampung Pelangi Semarang yang Bikin Happy

Kampung Pelangi Semarang
Kampung Pelangi Kota Semarang, Jateng. (Source: Disbudpar Kota Semarang)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian lagi atau berencana liburan di sekitar Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Kampung Pelangi di Kota Semarang. Di sana terdapat lebih dari 200 rumah penduduk yang bergambar warna-warni pelangi yang bisa bikin happy dan cantik sekali buat latar swafoto.

Tempat yang terkenal dengan inisiatif pelestarian tersebut berlokasi di Jalan Kembang Raya, Rejomulyo, Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Terletak di belakang Pasar Kembang Kalisari.

Kampung Pelangi Semarang merupakan sebuah kampung warna-warni yang tenar berkat rumah-rumahnya yang semarak dan berwarna-warni. Dengan cat berbagai warna, pola, dan mural.

Sebelum tampil seperti sekarang ini, kampung di pinggir sungai tersebut dulunya merupakan daerah pemukiman kumuh. Rumah-rumah penduduknya hanya berdinding bata dan tidak ada catnya. Pembangunannya pun tidak beraturan, berserakan di wilayah desa yang relatif berbukit.

Begitu pula kalau masuk ke bagian dalamnya, terdapat gang sempit menanjak, jalanan yang tidak rata, dan kendaraan terparkir sembarangan. Dengan nama aslinya Kampung Wonosari. Namun kini telah berubah lebih warna-warni sangat eye-catching dan punya julukan baru, yaitu Kampung Pelangi Semarang.

Baca juga: Masjid Agung Jawa Tengah Kota Semarang dengan Arsitektur yang Megah

Bukan cuma tembok rumah yang warna-warni, tetapi juga atap dan tiap sudut jalanan kampungnya. Sobat Turisian pecinta wisata selfie pasti betah berada di sini karena banyak spot yang instagrammable banget.

Saat berkunjung ke Kampung Pelangi Semarang, Sobat Turisian bisa berjalan-jalan di sekitar desa untuk melihat rumah berwarna-warni dan mengambil foto. Juga dapat sekalian berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah dan mengenal tentang kehidupan sehari-hari mereka.

Setelah puas mengeksplorasi kawasan tersebut, Sobat Turisian bisa beristirahat sembari mencicipi aneka makanan lokal. Di antaranya Lumpia Semarang, Tahu Gimbal, dan Es Cendol. Hal ini menambah pengalaman wisata kuliner Anda di Semarang.

Tak hanya warna-warni rumah, Kampung Pelangi Semarang juga dekat dengan beberapa destinasi wisata lainnya di Semarang. Seperti Lawang Sewu, Sam Poo Kong Temple, dan Kota Tua Semarang.

Akses & Waktu Kunjungan Terbaik

Untuk menuju ke kampung wisata ini, Sobat Turisian bisa naik angkutan umum atau menyewa mobil/motor. Lokasinya terletak sekitar 5 km dari Stasiun Kereta Api Semarang Tawang dan kurang lebih 9 km dari Bandara Internasional Ahmad Yani.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong di Semarang, Coba Datang ke 3 Kafe Ini

Sementara waktu terbaik untuk berkunjung ke Kampung Pelangi Semarang pada siang hari saat matahari bersinar cerah. Sehingga warna-warni rumah-rumah tersebut terlihat lebih cerah dan kontras. Sangat menarik buat latar foto-foto kalian.*

 

Pos terkait