Embung Kleco, Waduk Buatan di Kulon Progo yang Sajikan Pesona Alam nan Eksotik

Embung Kleco
Embung Kleco di Kulon Progo, DIY. (Source: Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Wisata ke Yogyakarta saat liburan nanti, Sobat Turisian bisa coba arahkan tujuan ke Kabupaten Kulon Progo. Di sana banyak objek wisata alam yang memesona, salah satunya seperti Embung Kleco.

Destinasi waduk buatan yang satu ini terletak di salah satu puncak Perbukitan Menoreh. Tampilannya sangat cantik yang sepintas mirip bumerang. Dari atas tempat ini, Sobat Turisian bisa menyaksikan pemandangan lanskap Kabupaten Kulon Progo.

Aktivitas yang juga tak boleh Sobat Turisian lewati saat berkunjung ke Embung Kleco, yaitu pesona sunrise di pagi hari dan sunset di kala senja. Tempat ini pun menarik buat kalian yang mencari suasana tenang untuk healing atau relaksasi melepas kepenatan.

Embung ini sendiri merupakan waduk buatan yang berada di Ngesong, Giripurwo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Pembangunannya pada akhir tahun 2013 dan pengelolaannya oleh tiga dusun, yaitu Dusun Ngesong, Banjaran, dan Penggung.

Baca juga: Terpukau Keindahan Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo

Daya tarik utama dari Embung Kleco, yaitu pemandangannya yang cocok Sobat Turisian nikmati, khususnya di pagi atau sore hari. Dari sini juga kalian bisa melihat panorama alam dari Pegunungan Menoreh, dengan view Gunung Merapi atau Merbabu, Pegunungan Seribu, sampai pemandangan kota hingga Pantai Selatan Jawa.

Ketika malam hari dan cuaca sedang cerah, Sobat Turisian juga dapat menikmati pemandangan lampu kota (city light) dengan bintang yang menghiasi langit Kulon Progo. Sehingga melahirkan nuansa romantis dan eksotis.

Jangan lupa juga untuk mengambil banyak foto-foto cantik dengan latar Embung Kleco atau panorama alam sekitarnya. Jamin deh hasil fotonya bakalan instegnic banget begitu kalian unggah di medsos.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Embung

Sebagai tempat wisata, kawasan embung ini sudah memiliki fasilitas penunjang wisata yang cukup memadai. Di antaranya area parkir, toilet, warung kuliner, musala, hingga fasilitas Wi-Fi. Sehingga Sobat Turisian nyaman berada di sini.

Baca juga: Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Untuk harga tiket masuk wisata Embung Kleco pun ramah di kantong. Hanya sekitar Rp3.000 per orang. Tambah ongkos parkir kendaraan roda dua sekira Rp3.000 dan untuk mobil Rp5.000. Tapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ya Sob!*

 

Pos terkait