Yuk Piknik Bareng Keluarga ke Tahura Jeruk Surabaya!

Tahura Jeruk Surabaya
Playground di Tahura Jeruk Surabaya. (Source: Disbudporapar Surabaya)

TURISIAN.comKota Surabaya memiliki banyak pilihan tempat wisata taman yang menarik dan indah. Salah satu yang wajib Sobat Turisian kunjungi untuk piknik bareng keluarga, yaitu Taman Hutan Raya (Tahura) Jeruk Surabaya.

Tahura ini pun lebih terkenal dengan sebutan Bukit Teletubies. Sebab menyajikan nuansa seperti bukit di film Teletubies yang berwarna hijau luas dan sejuk. Di sini terdapat beragam tanaman dengan mayoritas buah-buahan yang menambah keasrian tempat ini.

Jenis tanaman yang ada di Tahura Jeruk Surabaya ini, di antaranya Mangga Gadung, Jambu Air, Jambu Darsono, Jeruk Purut, Delima Merah, Belimbing. Lalu Kelengkeng, Srikaya Besar, Manitu, Bidara, Sawo Kecik, Jeruk Pacitan, Jambu Kristal, Pepaya, Kelapa, Kelapa Kopyor, Parigata Putih, Parigata Hijau.

Ada pula tanaman Lontar, Blinjo, Cemara Udang, Pule, Kelor, Ketepeng, Bintaro, Juwet Merah, Juwet Putih, Markisa Lonjong, Nangka, Kembang Marigold. Kecubung, Mangga Manalagi, Jeruk Sambel, Turi, Jagung Putih, Duren, Pisang Kapok, Jeruk, dan Lemon.

Ketika berada di Tahura Jeruk Surabaya ini, Sobat Turisian tak sekadar jalan-jalan. Kalian pun bisa melakukan kegiatan lain yang cukup asyik. Seperti jogging, rebahan di atas rumput yang segar, atau sekadar menemani anak bermain di area playground. Atau bisa memilih duduk-duduk santai di gazebo sambil merasakan semilir angin yang menyejukkan.

Baca juga: Melepas Penat di Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal Surabaya

Tempat ini pun sangat pas buat Sobat Turisian yang ingin mencari udara segar dan refreshing melepas kepenatan. Keberadaan Tahura ini juga semakin menambah kesejukan kota dan sangat masyarakat sekitar butuhkan. Sebab Kota Surabaya hampir selalu terik.

Fasilitas & Jam Buka Tahura

Sebagai objek wisata, Tahura ini sudah menyediakan fasilitas dan wahana permainan yang cukup memadai. Meliputi gazebo, toilet, kolam ikan, playground, wahana ATV, motor trail, sport area, jogging track, sangkar urung raksasa, area peternakan, perkebunan, dan lainnya.

Wisata Tahura Jeruk Surabaya ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap hari Senin – Jum’at. Kemudian khusus Sabtu dan Minggu, buka dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Enaknya lagi, masuk ke destinasi wisata Surabaya ini gratis karena merupakan fasilitas umum. Tetapi jika Sobat Turisian ingin menyewa wahana motor trail untuk anak-anak mesti beli tiket sebesar Rp10.000 saja.

Lokasi & Rute ke Tahura Jeruk

Objek wisata Tahura Jeruk yang berdiri sejak 2017 ini, terletak di Jalan Raya Menganti, Jeruk, Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan luas lahan sekitar 7.65 hektare.

Rute menuju ke Tahura Jeruk Surabaya, Sobat Turisian tinggal arahkan kendaraan menuju Gunung Sari dari pusat kota Surabaya. Kemudian ambil lajur kiri untuk menuju ke arah Jl. Raya Mastrip. Terus belok kanan menuju ke Jl. Raya Menganti hingga melewati Reebost Wiyung.

Baca juga: Serunya Menjelajahi Ekowisata Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Setelah itu belok kiri, sekitar 40 meter belok kiri lagi hingga melewati Kelurahan Jeruk. Posisi Tahura ini ada di sebelah kanan. Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan perjalanan kurang lebih 50 menit dari pusat kota Surabaya.*

 

Pos terkait