Petualangan Seru Menuju Air Terjun Napal Carik Muara Enim yang Cantik

Air Terjun Napal Carik
Air Terjun Napal Carik, Kab. Muara Enim, Sumsel. (Source: Pemkab Muara Enim)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang petualangan di alam bebas, bisa pekan ini coba berkunjung ke Air Terjun Napal Carik di Kabupaten Muara Enim. Air terjun ini sangat eksotis karena memiliki tingkatan dengan ketinggian berbeda-beda.

Ada dua tingkat atau undakan, tingkat pertama yang berada di paling pawah mempunyai ketinggian sekitar 5 meter dengan lebar 3 meter. Sementara tingkat kedua atau bagian atas tampak tegak lurus dengan debit air yang deras dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Nama Air Terjun Napal Carik berasal dari suara air “becarik” (gemericik) dan jatuh ke “napal” yang berarti tanah keras seperti batu. Air terjun yang satu ini berada di aliran Sungai Emil. Sepintas tampilan air terjun ini tampak seperti Air Terjun Niagara dengan ketinggian mencapai sekira 50 meter.

Baca juga: Healing ke Curup Selingsing Muara Enim yang Bikin Jiwa Adem

Lokasi objek wisata tersebut terletak di Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Berjarak sekitar 54 km dari pusat kota Muara Enim.

Akses Menuju Air Terjun 

Untuk menjangkau ke destinasi wisata air terjun ini, Sobat Turisian bisa melalui Desa Muara Emil atau Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim. Dengan jarak sekitar 20 km. Perjalanannya cukup ekstrem, terutama saat musim hujan dengan sepeda motor. Butuh waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai di titik air terjun ini.

Selama perjalanan ke Air Terjun Napal Carik, Sobat Turisian bisa menikmati sajian pemandangan alam sawah Pagar Dewa. Serta perkebunan karet dan kopi milik warga yang berjajar di kiri dan kanan jalan.

Selain itu, kalian juga akan bertemu dengan kompleks pemakaman Puyang Matauh, yang merupakan salah satu dari tiga puyang, pendiri Desa Muara Emil. Lalu bakal melewati Talang Tebat Buntu yang terdiri dari 15 pondok, sisa penduduk desa setelah bekerja di sawah.

Baca juga: Cari Ketenangan Dulu di Danau Deduhuk Muara Enim Sumsel

Begitu tiba di lokasi Air Terjun Napal Carik, Sobat Turisian harus turun melalui tangga dengan 100 anak tangga yang dibuat secara alami dari tanah. Setelah sampai di Sungai Emil maka kalian akan melihat tangga air terjun yang cantik tersebut.*

 

Pos terkait