Senangnya Piknik ke Kampung Mina di Desa Wisata Batu Kumbung Lombok Barat

Desa Wisata Batu Kumbung
Desa Wisata Batu Kumbung di Lombok Barat, NTB. (Source: Dispar Kab. Lombok Barat)

TURISIAN.com – Indonesia banyak memiliki desa wisata yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi bersama keluarga atau rombongan rekan kerja. Salah satunya Desa Wisata Batu Kumbung di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Desa wisata menawarkan banyak potensi dan atraksi wisata yang seru untuk Sobat Turisian nikmati. Kondisi daerahnya sangat subur dengan sumber air dan lahan pertanian yang melimpah serta panorama alam yang indah. Bakal membuat kalian nyaman dan betah berlama-lama.

Berbekal kondisi alam seperti itu, Desa Wisata Batu Kumbung mengembangkan dirinya menjadi sebuah kawasan tujuan wisata dengan atraksi yang beragam. Seperti hortikultura, perikanan, budaya, kesenian, ekologi, dan pengembangan pertanian.

Salah satu atraksi andalan dari desa di Lombok Barat yang satu ini, yaitu potensi yang ada di Dusun Pondok Buak. Di situ terdapat potensi atraksi wisata pengelolaan ikan yang terkenal dengan nama Kampung Wisata Mina.

Baca juga: Air Terjun Segenter, Hidden Gem di Narmada Lombok Barat

Di Kampung Wisata Mina tersebut Sobat Turisian akan mengenal budaya ikan air tawar sebagai atraksi wisata dan sentra wisata edukasi yang terintegrasi. Mulai dari budidaya hingga pengolahan produk kuliner ikan air tawar serta teknologi perikanan terpadu. Jadi menambah wawasan saat wisata ke Desa Wisata Batu Kumbung ini.

Pengolahan Ikan Air Tawar di Kampung Mina

Saat mengunjungi Kampung Wisata Mina, Sobat Turisan akan akan mendapat pendampingan dari pemandu. Untuk melakukan sejumlah kegiatan pengolahan ikan air tawar. Seperti memberi makan ikan, memijah ikan, memancing, hingga menangkap belut.

Bukan hanya itu, di tengah kegiatan peserta juga bakal mendapat edukasi perihal ikan air tawar dari para pemandu desa. Setelah dari kolam budidaya Desa Wisata Batu Kumbung tersebut. Sambil berjalan dari titik satu ke titik lainnya, pemandu akan mengajak Sobat Turisian menuju rumah produksi air tawar. Lokasinya tersebar di Kampung Mina.

Baca juga: Wisata Baru Lombok Satnite Saribaye, Tempat Asyik Buat Nongkrong

Di spot rumah produksi itu, Sobat Turisian juga dapat menikmati sajian ikan gurami, nila, lele, hingga ikan fatin dalam bentuk aneka olahan. Mulai dari olahan basah sampai olahan kering. Di antaranya ada pepes, gulai, kerupuk kulit, sate, bakso, dan abon ikan air tawar.*

Pos terkait