Asyiik, Kereta Api Panoramic Jalan Lagi, Ini Harga Tiketnya

Kereta Api Panoramic
Suasana di dalam Kereta Api Panoramic. Kereta ini didesian untuk perjalanan wisata dengan jendela full kaca. (Instagram/@mhmd_furqon)

TURISIAN.com – Kereta Api Panoramic yang sempat dihentikan pada 9 Januari 2023 lalu kini kembali dioperasikan.

Kabar beroperasinya kembali kereta api (KA) Panoramic ramai diperbincangkan di sosial media. Beberapa akun menyambut rencana tersebut dengan suka cita.

Sebagaimana diketahui, KA Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.

Kaca yang berukuran panjang di dalam kereta tersebut didesain khusus anti pecah dan anti cahaya panas.

Sejak peluncurannya pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, sebanyak 2.238 penumpang bepergian menggunakan KA Panoramic yang dirangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan ini.

BACA JUGA: Baru 15 Hari Beroperasi, Kereta Panoramic Ditihentikan, Kenapa Ya?

“KAI menjual tiket kereta panoramic untuk rute Argo Parahyangan dan Argo Wilis (satu trainset dua perjalanan, lebih dikenal sebagai “Gopar Wilis”). Terpantau tiket baru dijual one way untuk Jumat (3/2)” tulis keterangan unggahan akun twitter @jalur5_

Sampai minggu pagi, 29 Januari 2023 unggahan tersebut telah telayang 18.000.

Dirangkaian Gerbong Argo Wilis

Sementara itu,  Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung Mahendro Trang Bawono membenarkan bahwa Kereta Panoramic akan dirangkaikan di KA Argo Wilis dan Argo Parahyangan.

“Betul, akan dirangkai di KA Argo Parahyangan dan KA Argo Wilis,” ujar Mahendro, seperti dikutip Turisian.com dari Kompas.com.

Ia menjelaskan, untuk Kereta Panoramic yang dirangkai di KA Argo Parahyangan, akan beroperasi setiap hari Minggu pada Februari 2023.

BACA JUGA: Tingkatkan Geliat Sektor Pariwisata, Pemda Jateng akan Reaktivasi Rel Kereta

Dengan keberangkatan pukul 18.15 WIB dari Stasiun Bandung, Kereta Panoramic di KA Argo Parahyangan dijual dengan harga Rp 350.000.

Sementara itu, untuk Kereta Panoramic yang dirangkaikan di KA Argo Wilis, akan beroperasi setiap hari Jumat pada Februari 2023.

“Keberangkatan Stasiun Bandung pukul 08.15 WIB, dengan harga tiket maksimal Rp 1.350.000,” tandasnya.

Sebelumnya, Kereta Panoramic dirangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta pergi pulang (PP).

BACA JUGA: Ada Diskon Tiket Kereta Api dari Stasiun Gambir dan Pasar Senin, untuk Jurusan Ini

Selama 12 hari dioperasikan, yakni 24 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023, KAI melayani 1.613 pelanggan Kereta Panoramic.

KAI melihat, antusiasme masyarakat yang tinggi dikarenakan jenis kereta ini merupakan yang pertama kali ada di Indonesia.

Pada beberapa hari pertama pengoperasian Kereta Panoramic, okupansinya berada di sekitar 70 persen.

Memiliki spesifikasi khusus

Kereta Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan.

Diklaim, kaca Kereta Panoramic didesain khusus untuk tahan pecahan dan panas.Dijelaskan pada laman resmi KAI, kaca Kereta Panoramic menggunakan tipe duplex tempered.

BACA JUGA: Ayo Naik Kereta Api Wisata Biar Liburan Akhir Tahun Kalian Lebih Seru!

Jika kaca terkena benda asing tidak akan membahayakan penumpang yang di dalam karena kaca tersebut tidak mudah berlubang.

Jika kaca mengalami tekanan kuat, bentuknya hanya berupa retakan sehingga aman bagi penumpang. Kaca tipe ini juga dapat menahan panas cahaya dari luar sehingga penumpang tidak akan merasakan silau dan panas.

Kereta juga didukung dengan AC dengan kapasitas khusus untuk pengaturan suhu yang optimal. Saat ini, pengelolaan Kereta Panoramic dilakukan oleh anak usaha KAI, yaitu KAI Wisata. ***

Pos terkait