Choi Pan, Makanan Khas Singkawang yang Wajib Kalian Coba!

Choi Pan Singkawang
Choi Pan Rumah Tjhia Singkawang. (Source: Pemkot Singkawang)

TURISIAN.com – Saat berkunjung ke Kota Singkawang di Kalimantan Barat, Sobat Turisian bisa mencicipi makanan khasnya. Salah satu yang wajib kalian coba saat berkunjung ke Kota Seribu Klenteng ini, yaitu Choi Pan, sejenis kue sayur yang merupakan warisan dari budaya Tionghoa.

Kue yang memiliki nama lain chai kwe tersebut menjadi salah satu menu wajib untuk Sobat Turisian cicipi saat berkunjung ke Singkawang. Makanan ini juga termasuk kuliner halal di Kota Singkawang, jadi aman buat kalian yang muslim.

Choi Pan berasal dari bahasa Hakka, yaitu “choi” yang berarti “sayur” dan “pan” yang berarti “kue”. Dengan beragam bentuknya, jajanan khas Singkawang ini memiliki ciri kulit yang kenyal. Terbuat dari tepung beras dan tepung sagu.

Baca juga: Liburan Imlek ke Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Klenteng Tertua di Singkawang

Kulit tipis tersebut diberi isian yang terdiri dari irisan tipis bengkuang, dengan campuran udang, ayam, atau ikan, serta daun kucai. Namun sebagian orang ada juga yang membuatnya dengan isian berupa keladi atau rebung.

Setelah siap, kemudian mengukus Choi Pan hingga matang dan siap untuk menyajikannya. Ada juga yang mengolah kue ini dengan menggorengnya sebagai variasi. Dalam penyajiannya, di atas kue sayur ini ada taburan bawang putih goreng. Tambah siraman sambal cuka yang terbuat dari cabai, bawang putih, air, garam,gula, dan cuka.

Kawasan Tradisional Rumah Keluarga Tjhia

Buat Sobat Turisian yang penasaran dengan rasa kue sayur khas Singkawang ini, bisa datang ke cagar budaya Kawasan Tradisional Rumah Keluarga Tjhia. Lokasinya berada di belakang ruko-ruko di Jalan Budi Utomo, pinggir Sungai Singkawang. Di tempat ini, kalian dapat memilih berapa jenis, ada Choi Pan Bengkoang, Kucai, atau Rebung.

Kue sayur dari perpaduan budaya Tionghoa tersebut juga menjadi salah satu makanan dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Jadi saat liburan merayakan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang kalian bisa mencicipi sepuasnya.

Baca juga: Pantai Pasir Panjang Singkawang yang Menenangkan, Cocok Buat Healing

Selain di Singkawang, Sobat Turisian juga bisa menemukan kue ini di daerah lain, seperti Bangka Belitung, Pontianak, dan daerah yang memiliki festival saat Imlek. Bahkan kini beberapa resto di kota-kota besar sudah menyajikan menu makanan yang satu ini.*

Pos terkait