Ini Jadwal Pementasan Wayang Orang dan Ketoprak di Jawa Tengah!

Wayang Orang dan Ketoprak
Penampilan Wayang Orang.

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang senang atau ingin menyaksikan kesenian Wayang Orang dan Ketoprak, bisa langsung datang ke Jawa Tengah. Ada beberapa kota yang memiliki jadwal pementasannya tetapnya. Kalian bisa menyaksikannya sambil liburan di wilayah tersebut.

Bersumber dari laman kemdikbud.go.id via visitjawatengah, wayang orang adalah wayang yang diperagakan oleh manusia dengan memakai kostum sesuai dengan tokoh perannya. Pada pementasannya, dalang berperan sebagai sutradara yang mengarahkan para pemain. Biasanya menyajikan cerita dari Babad Purwo, Ramayana dan Mahabarata.

Sementara ketoprak merupakan drama tradisional yang penampilnya sebuah grup kesenian. Pementasannya di sebuah panggung dengan mengambil cerita dari sejarah, cerita panji, dongeng dan lainnya dengan selingan lawak. Kesenian ini semakin meriah dengan iringan musik dari gamelan yang berupa lesung, alu, kendang, dan seruling.

Baca juga: Catat! Tiga Event Sport Tourism Jateng Tahun 2023

Pertunjukan wayang orang dan ketoprak di Jawa Tengah tersebut, bisa Sobat Turisian saksikan secara reguler di Kota Surakarta dan Kota Semarang. Berikut informasi jadwal selengkapnya, jangan lupa catat ya!

1. Wayang Orang Sriwedari

Sumber sejarah menyebutkan bahwa Wayang Orang Sriwedari tampil pertama kali pada tahun 1910 pada masa Paku Buwono X. Saat ini pertunjukannya hadir setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 19.30 WIB. Bertempat di Gedung Wayang Orang Sriwedari Jl. Kebangkitan Nasional No. 15 Surakarta. Info terkini seputar WO Sriwedari bisa kalian ikuti melalui Instagram @wayang_orang_sriwedari.

2. Wayang Orang Ngesti Pandowo

Selanjutnya ada Wayang Orang Ngesti Pandowo, yang merupakan kelompok legendaris di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1937. Kemudian pada 1950, Ngesti Pandowo mulai pentas di Kota Semarang hingga kini.

Bersumber dari Instagram @disbudparkotasemarang, jadwal pertunjukan WO Ngesti Pandowo tahun 2023 ini, berlangsung setiap hari Sabtu pukul 20.00 WIB. Tempatnya di Gedung Ki Narto Sabdo (TBRS) Jl. Sriwijaya No.29, Kota Semarang.

3. Ketoprak Balekambang

Untuk kesenian yang satu ini, ada salah satu jenis ketoprak di tanah Jawa yang populer dan memiliki nilai historis tinggi, yaitu Ketoprak Balekambang. Lokasinya terletak di Taman Balekambang, Kota Surakarta.

Awalnya Ketoprak Balekambang sebagai tempat perkumpulan pemuda, lalu berkembang sebagai sarana hiburan setelah masa kemerdekaan, tepatnya 1950-an. Baru pada tahun 1989, kesenian yang satu ini menetap di salah satu gedung Taman Balekambang.

Baca juga: Ujungan, Tradisi Tarian Pertarungan di Tanah Jawa

Sekarang taman tersebut tengah renovasi, meski begitu pertunjukan Ketoprak Balekambang tetap bisa Sobat Turisian nikmati. Jadwalnya setiap Sabtu, mulai pukul 20.00 WIB dan bertempat di Grha Wisata Niaga Jl. Slamet Riyadi, Kota Surakarta. Info terkini bisa kalian dapatkan melalui akun Instagram @balekambangsolo.*

 

 

Sumber & Foto: visitjawatengah

Pos terkait