Alas Literasi Banjarharjo, Spot Baca Buku yang Asyik di Tengah Alam Terbuka

Alas Literasi Banjarharjo, Bantul, DIY. (Source: bantulpedia.bantulkab.go.id)

TURISIAN.com – Mau coba merasakan sensasi membaca buku di tengah alam terbuka dengan suasana yang rileks dan segar, Sobat Turisian bisa menyambangi Alas Literasi Banjarharjo. Tempat rekreasi edukasi ini berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kawasan wisata seluas 3800 m2 tersebut berlokasi di Dusun Banjarharjo 2, Kelurahan Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat yang tidak jauh dari Puncak Becici ini, hadir sebagai pusat kegiatan sosial kemasyarakatan dengan berbagai fasilitas menarik.

Alas Literasi Banjarharjo merupakan pojok baca berkonsep pedesaan. Menggunakan sebuah rumah kampung, dengan buku-buku beraneka judul dan tema. Hebatnya lagi, pengelolaannya juga oleh masyarakat sekitar.

Di sini Sobat Turisian bisa membaca buku-buku tersebut sembari menikmati keindahan alam hutan pinus dan beragam menu kuliner. Terbayang begitu nyaman dan rileksnya saat membaca buku di sini, Sob!

Baca juga: Wisata Kebun Buah Mangunan Bantul dengan Pesona Alam yang Menawan

Selain itu, tersedia beragam program dan paket wisata menarik. Terutama untuk kalangan anak usia TK dan SD. Nah untuk mendukung kegiatan tersebut, ada rest area yang menyajikan berbagai menu makanan tradisional.

Koleksi Buku Bacaan Alas Literasi Banjarharjo

Objek wisata edukasi ini memiliki ratusan buku bacaan menarik, kurang lebih ada sekitar 700 buku yang bisa Sobat Turisian baca dengan gratis. Tempat bacanya pun cukup asyik, yakni beberapa gazebo dan tempat duduk outdoor. Sehingga memberikan kenyamanan dan suasana yang santai.

Buku-buku bacaan di Alas Literasi Banjarharjo tersimpan tak hanya di rak buku. Namun terdapat pula di sebuah bakul atau tempat nasi tradisional. Sehingga memudahkan Sobat Turisian untuk membacanya sambil menunggu pesanan makanan datang.

Alasan pengelola mengusung konsep ini, memang sungguh ingin memberikan suasana lain untuk kegiatan membaca buku. Jadi baca buku tak hanya di perpustakaan atau ruang khusus, tapi di tengah hutan sambil berwisata menikmati alam pun bisa kalian lakukan.

Dolanan & Kulineran

Tak hanya baca buku dan kulineran, aktivitas menarik lainnya pun tersedia di Alas Literasi Banjarharjo. Seperti kelas dolanan (permainan) anak-anak setiap hari Rabu. Permainan tradisional yang bisa kalian nikmati, ada gobag sodor sampai kelereng.

Baca juga: Yuk Nikmati Kesegaran Alam di Puncak Becici yang Pernah Didatangi Barack Obama!

Sementara untuk urusan kuliner, Sobat Turisian dapat pilih berbagai makanan khas desa, seperti pecel dan berbagai sayur. Ada lagi yang wajib kalian cicipi sebagai camilan, yaitu Sate Jowo. Keunikan sate khas Desa Muntuk ini tidak menggunakan bumbu kacang melainkan bumbu rempah dan kecap.*

Pos terkait