Libur Akhir Pekan, Bisa Coba Tamasya ke Desa Wisata Bongkasa Bali

Desa Wisata Bongkasa
Desa Wisata Bongkasa di Badung, Bali. (Source: Dispar Badung)

TURISIAN.com – Liburan akhir pekan ini, Sobat Turisian bisa arahkan ke wisata pedesaan. Kalau pilih Bali, kalian bisa mengunjungi Desa Wisata Bongkasa di Kabupaten Badung.

Lokasi desa wisata ini terletak di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Sobat Turisian dapat menempuhnya selama kurang lebih 1 jam atau sekitar 32 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Secara geografis, Desa Wisata Bongkasa merupakan daerah dataran tinggi bergelombang sekitar 230 meter di atas permukaan laut. Terletak 8 km dari Kecamatan Abiansemal dan 20 km dari ibu kota Kabupaten Badung.

Ada tiga desa (banjar) yang akan Sobat Turisian temui di kawasan ini. Pertama, Banjar Tegal Kuning yang memiliki arung jeram di Sungai Ayung. Selain arung jeram, kalian juga bisa menikmati pijat dan spa.

Banjar di Desa Wisata Bongkasa selanjutnya, yakni Banjar Karang Dalem 2 dengan daya tariknya berupa kerajinan perak sebagai andalannya. Ketiga, ada Banjar Karang Dalem 1 yang menyajikan panorama dari hamparan sawah subak yang paling banyak.

Baca juga: Berkunjung ke Air Terjun Nungnung, Surga Alam di Kabupaten Badung

Jarak antara rumah-rumah sangat jauh karena terselingi sawah. Kalau Sobat Turisian ingin menetap lebih lama, bisa pilih Banjar Karang Dalem 1. Di situ kalian bisa tinggal langsung di rumah warga yang sangat nyaman karena orang-orang di sini sangat ramah.

Desa Wisata Bongkasa sendiri memiliki luas wilayah 462,9 hektare dengan jumlah KK sebanyak 1.812 dan total penduduk 6269 jiwa. Desa ini mempunyai potensi pariwisata keindahan alam lingkungan dan seni budaya Bali yang masih sangat terjaga dan lestari sampai kini.

Aktivitas & Fasilitas di Desa Wisata Bongkasa

Di desa wisata Bali yang satu ini, Sobat Turisian bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Seperti Rafting Sungai Ayung, Swing, Tracking, Volkswagen Safary Tour, Cycling. Ada pula pertunjukan seni budaya, antara lain barong, wayang kulit, seni lukis, karawitan, seni pahat/patung, dan seni tari.

Kemudian Sobat Turisian bisa mengunjungi beberapa spot wisata menarik lainnya di kawasan Desa Wisata Bongkasa. Seperti Desa Rafting, Desa Swing, Swing Heaven, Hideaway Swing Bali, D’Tukad Adventure Club, Bali Alaska, dan Bhuana Swing Bali.

Baca juga: Unik, Pura Kereban Langit Badung Bali yang Berada di Sebuah Gua

Tamasya di desa ini juga semakin enak karena sudah tersedia fasiltas penginapan berupa homestay dan villa. Sarana umumnya juga cukup memadai, meliputi areal parkir, balai pertemuan, jungle tracking, kamar mandi umum, kios souvenir, selfie area, spot foto, tempat makan, dan wifi area.*

 

Pos terkait