Unik, Pura Kereban Langit Badung Bali yang Berada di Sebuah Gua

Pura Kereban Langit Badung Bali
Pura Kereban Langit Badung Bali. (Source: Dispar Kab. Badung)

TURISIAN.com – Pura Kereban Langit di Badung, Bali ini terbilang unik karena terletak di tengah gua dinding tebing di tepi Sungai Sading. Sehingga pura ini tak hanya sebagai tempat peribadatan umat Hindu, tapi juga menjadi objek wisata yang menarik buat Sobat Turisian kunjungi.

Letaknya yang unik dan tersembunyi tersebut, membuat pura ini pada awalnya masih jarang publik ketahui. Namun kini pura tersebut sudah mulai banyak yang mengenali.

Nama Pura Kereban Langit, berasal dari kata “Kerep” yang berarti payung (atap) dan “Langit” berarti langit. Jadi secara keseluruhan dapat bermakna “Pura beratapkan langit”.

Penamaan tersebut muncul karena pura di tengah gua pada bagian atasnya terdapat lubang besar tembus menghadap ke langit. sehingga beberapa bagian gua memang beratapkan langit dan bagian lainnya beratapkan batu padas, membuat ruangan di tengah ruangan menjadi terang.

Desain alam ini membuat ruangan gua tampil unik dan menarik, memancarkan aura magis yang kental. Tidak mengherankan ruangan dalam gua di Pura Kereban Langit juga sering menjadi tempat bermeditasi.

Begitu masuk ke dalam pura ini, Sobat Turisian akan menemukan sejumlah pelinggih. Seperti pelinggih Padma yang merupakan pelinggih dari Ratu Gede Lingsir, serta pelinggih Ratu Ayu dan Ratu Made.

Baca juga: Taman Gili Dukuh, Tempat Pesucian dan Wisata Menarik di Badung Bali

Di depan padma Pura Kereban Langit terdapat patung terakota dan sejumlah patung penjaga. Bergeser ke bagian luar gua terdapat penyawangan Ida Bhatara Batu Bolong dan Ida Bhatara Ratu Gede Dalem Ped.

Umat Hindu di sana melakukan peribadatan di pura yang satu ini untuk menyembah para dewa. Di antaranya Dewa Wisnu, Ratu Gede Lingsir, Ratu Ayu, dan Ratu Made. Pada hari-hari raya tertentu seperti Saraswati, akan datang banyak orang ke tempat ini untuk beribadah dan bermeditasi.

Posisi Pura Kereban Langit terletak di tepi sungai dan sekelilingnya terdapat areal persawahan. Ada sumber mata air suci di pura yang merupakan berkah. Banyak orang yang menganggap bahwa air di dalam gua membawa berkah bagi pasangan suami-istri yang ingin memiliki anak.

Suasana & Lokasi Pura Kereban Langit

Sobat Turisian akan merasakan kedamaian begitu masuk tempat ini. Terasa kesegaran dan kesejukan karena di bagian atas gua terdapat bukaan. Sehingga menyebabkan udara segar dan sinar matahari bisa masuk ke dalam. Membuat siapa pun yang melakukan doa atau meditasi merasa nyaman dan penuh aura magis.

Pura Kereban Langit saat ini memang cukup populer, tidak hanya penekun kerohanian. Tetapi mereka yang suka wisata spiritual dan punya tujuan-tujuan tertentu kerap singgah di sini.

Baca juga: Upacara Adat Mekotek, Tradisi Tolak Bala yang Unik dari Badung Bali

Lokasi pura berada di wilayah Banjar Pekandelan, Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Berjarak sekitar 22 km dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.*

 

Pos terkait