Warning, Ada Ancaman Banjir ROB di Yogyakarta, Hindari Daerah Ini

Banjir ROB di Yogyakarta
Ilustrasi rumah tersapu banjir. Dok. Pixabay.com

TURISIAN.com – Badan Meteroleogi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta (BMKG YIA) mengingatkan akan adanya ancaman banjir ROB di Yogyakarta.

Seperti dikutip Turisian.com dari akun resmi @infobmkgyia, Kamis 22 Desember 2022, peringatan potensi banjir pesisir  (ROB) untuk wilayah perairan Yogyakarta dan sekitarnya mulai berlaku tanggal 22 sampai 27 Desember 2022.

“Adanya fenomena bulan baru pada tanggal 23  Desember 2022 dan Penrigee (jarak terdekat bulan  ke bumi) pada tanggal 24 Desember 2022 berpotensi  meningkatkan  ketinggian air pasang laut maksimum,” tulis pengumuman yang ditandatangani Prakirawan, Adnan Dendy Mardika.

BACA JUGA: Pantai Nglolang, Surga Tersembunyi di Gunungkidul Yogyakarta

Daerah Sebaran Banjir ROB

Berdasarkan pantaun data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, diantaranya:

  1. Pesisir Selatan Cilacap
  2. Pesisir Selatan Kebumen
  3. Pesisir Selatan Purworejo
  4. Pesisir Selatan Yogyakarta

“Kondisi ini secara umum dapat menggangu aktiviyas  keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir,” lanjut Adnan.

BACA JUGA: Jalan-jalan ke Embung Langensari di Tengah Kota Yogyakarta

Aktivitas yang dimaksud adalah bongkar muat  di pelabuhan, kegiatan di pemukiman pesisir serta usaha tambak garam dan perikanan darat.

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari  gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut.

“Kami berharap masyarakay juga selalu memperhatikan update informasi cuaca maritime dari BMKG,” tutup pengumuman BMKG YIA tersebut. ***

Pos terkait