Museum Bahari Bintan, Spot Rekreasi Asyik dan Menambah Pengetahuan

Museum Bahari Bintan
Museum Bahari Bintan di Kabupaten Bintan, Kepri. (Source: Disbudpar Bintan)

TURISIAN.com – Selain dapat menikmati langsung keindahan deretan pantai di Pulau Bintan, Sobat Turisian bisa sekalian mampir ke Museum Bahari Bintan. Spot rekreasi yang asyik dan dapat menambah pengetahuan kalian soal kelautan atau bahari.

Peresmian museum khusus tersebut berlangsung pada tahun 2006. Keunikan dari museum yang satu ini sudah tampak dari luar. Yakni dari desain arsitektur bangunannya yang berbentuk perahu Kajang.

Saat masuk ke dalam museum ini, Sobat Turisian bisa melihat dan mempelajari beragam koleksi. Koleksi Museum Bahari Bintan berkaitan dengan kegiatan-kegiatan di sekitar pesisir pantai, kegiatan nelayan, dan pelayaran kapal.

Ada pula koleksi berbagai alat penangkap ikan, seperti bubu, pukat dan bento. selain itu, ada juga koleksi miniatur kapal pompon, jaring ikan, dan pasar perkampungan Suku Laut. Belum lagi koleksi berupa perahu dan berbagai jenis hewan laut yang diawetkan.

Baca juga: Ini 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Ekang Anculai Bintan

Tak hanya yang berhubungan dengan nelayan, ada pula koleksi bersejarah di Museum Bahari Bintan. Di antaranya arca dan piring hasil pengangkatan harta karun bawah laut di Kabupaten Bintan. Konon, merupakan peninggalan sejarah dari Dinasti Ming dari China.

Koleksi barang muatan kapal tenggelam tersebut, terpajang di lantai dasar dan sebagian lagi tersimpan dalam ruangan yang terkunci. Barang muatan kapal tenggelam merupakan koleksi hasil sumbangan dari pengawas perikanan pemerintah Indonesia.

Lokasi & Jam Operasional Museum

Kini kepemilikan Museum Bahari Bintan berada di tangan Pemerintah Kabupaten Bintan. Sementara itu, untuk pengelolaannya oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bintan.

Objek wisata museum yang satu ini berlokasi di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri). Enaknya, Sobat Turisian bisa masuk museum tanpa harus membeli tiket alias gratis.

Baca juga: Pelesir ke Pulau Beralas Pasir Bintan yang Menawan

Museum Bahari Bintan buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu, kecuali hari libur nasional, tutup. Jam bukanya mulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.*

 

Pos terkait