Kebun Raya Kuningan, Spot Wisata Keluarga yang Menyenangkan

Kebun Raya Kuningan
Kebun Raya Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jabar. (Source: Disporapar Kab. Kuningan)

TURISIAN.com – Liburan akhir pekan sangat menyenangkan bila Sobat Turisian lakukan bersama keluarga. Nah bagi yang belum ada rencana mau ke mana akhir pekan ini, kalian bisa ajak keluarga berlibur ke Kebun Raya Kuningan. Terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Tempat ini merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Pembangunannya di atas lahan seluas 156 hektare dan di dalamnya terdapat 23.000 jenis tanaman. Tanaman khasnya berdaun dan berbunga kuning sehingga terkenal juga dengan sebutan Taman Kuning.

Hebatnya, Kebun Raya Kuningan merupakan destinasi wisata murni buatan Indonesia masa kini. Berbeda dengan kebun raya dan objek-objek wisata serupa yang sudah berdiri adalah warisan kolonial.

Saat berada di Kebun Raya Kuningan, Sobat Turisian bersama keluarga atau teman dapat melakukan berbagai aktivitas wisata. Seperti aktivitas swafoto di spot-spot nan eksotis dan instagenik. Atau kalian bisa juga hanya duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Taman Batu Tematik

Selain itu, Sobat Turisian pun dapat mengenal beraneka koleksi tumbuhan unik dengan ciri khas taman batu tematik. Tampak dari banyaknya batuan vulkanik yang besar. Menariknya, bebatuan tersebut terletak pada posisi artistik, cocok untuk spot foto.

Jenis bebatuan indah tersebut tersebar sepanjang jalan menuju kebun raya dan menghiasi banyak sudut. Tak unik sebagai latar berfoto, spot bebatuan ini juga menjadi wisata edukasi yang ada di Kebun Raya Kuningan.

Baca juga: Curug Sidomba Kuningan, Tempat Wisata Keluarga yang Menyenangkan

Begitu memasuki kawasan konservasi ini, Sobat Turisian juga akan merasakan hawa segar menyambut. Karena temoat ini berada di ketinggian 870 mdpl di kaki Gunung Ciremai.

Dengan menghirup udara yang sejuk alami memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Sehingga sangat cocok buat kalian yang mencari spot healing atau melepas kepenatan.

Piknik di Taman Kuning Kebun Raya Kuningan

Berikutnya Sobat Turisian bisa berkunjung ke area Taman Kuning yang menjadi salah satu spot populer pengunjung. Di sini terdapat aneka tanaman berbunga kuning tertata apik, hingga menarik wisatawan untuk berswafoto. Saking tenarnya, banyak wisatawan lebih mengenal nama kebun raya ini dengan sebutan Taman Kuning.

Selain Taman Kuning, di Kebun Raya Kuningan ada juga ragam fasilitas dan zona-zona tematik yang unik. Di samping itu juga ada bundaran air mancur dengan hiasan warna-warni Bunga Begonia. Pemandangan keindahan alam di sekitarnya pun menjadi latar menarik untuk mengabadikan momen liburan kalian bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan

Sobat Turisian yang tertarik berkunjung ke tempat wisata ini, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena harga tiket masuknya sangat terjangkau. Harga tike baik untuk dewasa dan anak-anak tetap sama setiap harinya.

Baca juga: Nikmati Sensasi Camping di Bumi Perkemahan Palutungan Kuningan

Harga tiket masuk Dewasa hanya Rp6.000 per orang dan Anak-anak sebesar Rp4.000 per orang. Kemudian untuk tambahan biaya lainnya hanya ongkos parkir kendaraan. Rinciannya untuk motor Rp3.000, mobil Rp6.000, dan bus Rp11.000.*

 

Pos terkait