Banyumas in Fashion 2022, Bupati Minta Batik dan Lurik Diviralkan

Banyumas in Fashion 2022
Sebanyak 161 peserta mengikuti lomba fesyen batik pada event Banyumas in Fashion 2022 yang berlangsung, Sabtu 19 November 2022. (Instagram/@bhayangkari_pc_kota_bms_jateng)

TURISIAN.com – Perhelatan Banyumas in Fashion 2022 dengan menampilkan 161 peserta mampu menyedot pengunjung. Mereka datang dari berbagai daerah.

Event fesyen ini berlangsung di Conventyion Hall Menara Teratai, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, pada Sabtu 19 November 2022.

Adalah Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) menginisiasi acara ini.

Lomba fesyen yang digelar tersebut bertujuan sebagai upaya mempromosikan batik dan lurik khas daerah itu.

BACA JUGA: Yuk Tamasya Bersama Keluarga ke Taman Randu Bengkong Banyumas!

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan pergelaran fesyen batik dan lurik hasil karya sejumlah desainer asal Banyumas.

50 Sektor UMKM

Ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas Erna Sulistyawati Achmad Husein mengatakan daerah setempat memiliki lebih dari 50 sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Khususnya industri kreatif dan kerajinan yang cukup beragam.

“Ini merupakan bagian dari industri kreatif yang saat sekarang cukup berkembang di wilayah Kabupaten Banyumas,” katanya.

BACA JUGA: Tiga Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Destinasi Wisata Baturraden Banyumas

Dia mengatakan industri kreatif tersebut di antaranya batik tulis, batik cap, batik kombinasi, dan tenun lurik.

Oleh karena itu, Dekranasda Kabupaten Banyumas sebagai organisasi yang membina dan mengembangkan sektor kerajinan senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

(Instagram/@bhayangkari_pc_kota_bms_jateng)

Utamanya,  dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha kerajinan.

Ajang untuk mengangkat potensi pengrajin batik dan lurik di Banyumas agar semakin terkenal dan disukai banyak orang, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banyumas bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Banyumas gelar event Banyumas in Fashion.

BACA JUGA: 5 Oleh-Oleh Khas Banyumas, Nomor 5 Legendaris!

Dibagi Berbagai Kategori

Dari 161 peserta yang ada perlombaan kemudan dibagi  dalam tiga kategori. Yakni kategori A pelajar dan mahasiswa dengan 94 peserta.

Kemudian, kategori B organisasi wanita 26 peserta, dan kategori C OPD dan Umum 41 peserta.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein sangat mengapresiasi gelaran tersebut, mengingat dengan adanya fashion yang melibatkan anak muda tentu akan menjadi daya tarik tersendiri.

“Saya sangat mengapresiasi gelaran Banyumas in Fashion 2022 ini, untuk menjadikan batik dan lurik Banyumas menjadi semakin terkenal. Sehingga banyak yang beli dan itu akan menjadi pemasukan bagi pengrajin,” katanya.

BACA JUGA: Rekomendasi Pemandian Air Panas Terbaik di Malang

Menurutnya, sebagus apapun batik dan lurik Banyumas apabila dipromosikan hanya dengan foto tidak akan terlihat bagusnya.

Dengan diperankan oleh model tentu akan terlihat keindahannya.

“Apalagi setelah Lomba ini, semua peserta dan penonton akan ikut menyebarkan melalui Medsos, tentu batik dan lurik Banyumas akan semakin terkenal dan banyak yang membeli. Ayo semua ikut memviralkan,” lanjutnya. ***

 

Pos terkait