Berendam Segarkan Tubuh di Air Panas Sipoholon Tapanuli Utara

Air Panas Sipoholon
Air Panas Sipoholon di Tapanuli Utara, Sumut. (Source: indonesia.travel)

TURISIAN.com – Ketika berkunjung ke Danau Toba, Sobat Turisian bisa sekalian mampir ke sumber Air Panas Sipoholon yang populer di Tapanuli Utara. Aksesnya mudah kalian jangkau karena letaknya yang berada di dekat jalan lintas Medan-Sumatera.

Sobat Turisian bisa bersantai dan berendam di sumber mata air panas ini yang membuat tubuh menjadi lebih segar. Berkat air belerang alami yang memberi sensasi pijatan yang banyak mempercayainya bisa membunuh bibit penyakit.

Di objek wisata Air Panas Sipoholon ini tersedia pula kolam dengan variasi tingkat kedalaman yang berbeda. Sehingga Sobat Turisian bisa berenang dan menyelam dengan lebih leluasa. Kalau ingin kegiatan yang lebih menantang adrenalin, bisa trekking ke sumber mata air panas di bukit kapur. Kalian bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 30-50 meter.

Berkunjung ke pemandian air panas alami ini sangat seru, menyenangkan, dan menyehatkan. Tak heran tempat satu ini selalu ramai kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Melihat dari Dekat Candi Portibi di Tapanuli Selatan yang Tampil Indah

Air Panas Sipoholon Tapanuli Utara, bersumber dari pusat mata air perut bumi. Airnya mengandung belerang yang cukup tinggi. Belerang juga dipercaya dapat membuat kulit sehat, lembut, dan mengobati penyakit pada kulit.

Daya Tarik & Lokasi Air Panas Sipoholon

Saking banyaknya kandungan belerang dan kapur yang terdapat di tempat tersebut, membuat setiap bebatuan yang ada berubah jadi warna-warni. Tak hanya untuk berobat, pemandian ini juga sering menjadi spot foto bagi anak muda. Mereka sengaja datang jauh-jauh demi mendapatkan foto ciamik di tempat tercantik di Tapanuli Utara.

Di setiap sudut kawasan Air Panas Sipoholon, Sobat Turisian ada pegunungan pasir yang memancarkan warna putih bak kapas. Selain itu, aliran air panas dengan suhu 40 hingga 70 derajat celcius. Sehingga menjadikan tempat ini serasa surga lain di tanah Indonesia.

Sumber air panas yang mengandung belerang tersebut sudah mengalir hingga ratusan tahun. Akibat letusan Gunung Martimbang dan sampai sekarang masih dapat Sobat Turisian nikmati.

Baca juga: Pariwisata Danau Toba Siap Dipromosikan di Event Formula 1

Lokasinya berada di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Hebatnya lagi, memiliki banyak persamaan dengan Pamukkale Turki.*

 

Pos terkait