Mendekati Pencapaian 2021, Kunjungan Wisatawan ke Cirebon Tembus 3,2 Juta

Kunjungan Wisatawan ke Cirebon
Alun-Alun Kejaksaan, Kota Cirebon, Jawa Barat. (Instagram/@kian._.rifqy)

TURISIAN.com – Kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, Jawa Barat memasuki triwulan III mencapai 3,2 juta orang.

Angka ini merupakan akumulasi kunjungan wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara (wisman).

“Data sampai triwulan III ada 3,2 juta wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon,” kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya seperti dikutip Turisian.com dari Antaranwes, Selasa 25 Oktober 2022.

Agus mengatakan setelah pandemi COVID-19 melandai, angka kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan setiap triwulan bisa mencapai 1 juta orang.

BACA JUGA: Berkunjung ke Gua Sunyaragi, Situs Bersejarah di Cirebon yang Kental dengan Mitos

Ia menjelaskan data kunjungan wisatawan tersebut didapatkan dari beberapa sektor. Mulai dari hotel, rumah makan atau restoran, dan juga obyek wisata yang berada di Kota Udang.

Menurutnya angka kunjungan itu sudah hampir mendekati pada tahun 2021 lali. Di mana wisatawan yang datang ke Kota Cirebon mencapai 3,6 juta jiwa.

“Pada tahun 2021 kami mencatat wisatawan yang berkunjung ke Kota Cirebon ada 3,6 juta. Dan tahun 2022 sampai triwulan III sudah berada di angka 3,2 juta. Jadi cukup signifikan peningkatannya,” tutur Agus.

BACA JUGA: 5 Oleh-Oleh Khas Cirebon yang Tak Boleh Dilewatkan

Ia menambahkan target kunjungan wisatawan pada tahun 2022 yaitu 4 juta, sehingga pihaknya optimistis target tersebut bisa tercapai, apalagi data yang ada baru pada triwulan III.

Agus melanjutkan dengan terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, diharapkan perekonomian di daerah itu terus membaik, dan bisa memberikan nilai tambah bagi warga Kota Cirebon.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menggelar berbagai acara, baik yang sudah dijadwalkan maupun belum.

“Tahun ini target 4 juta wisatawan dipastikan akan terpenuhi, apalagi ada libur akhir tahun,” katanya. ***

Pos terkait