Mengenal Banua Tada Khas Buton yang Tak Memakai Paku

Banua Tada Buton
Banua Tada Buton, Sultra. (Source: Dispar Sultra)

TURISIAN.com – Tak hanya terkenal dengan benteng terluas di dunia dan panorama alam yang memesona, Pulau Buton juga menyimpan warisan budaya yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Salah satunya rumah adat, Rumah Siku atau Banua Tada khas Buton yang unik dan megah.

Umumnya Banua Tada khas Buton ini merupakan rumah panggung tempat tinggal masyarakat setempat. Kata “banua” dalam bahasa setempat berarti rumah, sedangkan kata “tada” berarti siku. Jadi, banua tada memiliki arti sebagai rumah siku.

Penamaan Rumah Siku Buton ini karena terdapat banyak siku pada struktur rangka bangunannya. Keunikannya terletak pada desain, struktur, dan fungsinya yang mengandung banyak nilai filosofis. Pokoknya menarik buat Sobat Turisian lihat dari dekat.

Baca juga: Nih Indonesia Punya! Benteng Wolio Buton Sebagai Benteng Terluas di Dunia

Rumah tradisional orang Buton ini ada yang bertingkat 2 sampai bertingkat 3. Hebatnya tanpa menggunakan beton, melainkan berbahan kayu. Maka tak mengherankan kalau Banua Tada Buton ini memiliki keunikan yang tidak bisa ditemukan di rumah tradisional jenis lainnya.

Sobat Turisian juga akan menemukan keunikan lain Rumah Siku Buton ini, yakni dapat berdiri kokoh tanpa menggunakan satu pun paku sebagai penyambung antar bagiannnya. Tak hanya itu, Banua Tada juga biasanya didirikan di atas potongan batu gunung. Walaupun rumah siku ini hanya didirikan di atas batu gunung, tapi tetap berdiri tegak dan kokoh.

Daya Tarik Pulau Buton

Sebagai informasi, Pulau Buton merupakan sebuah pulau di Sulawesi Tenggara. Pulau di sebelah timur Indonesia ini memiliki laut yang indah, bukit berbaris rapi, dan warisan budaya dari masyarakatnya. Semua menjadi satu padu dengan keindahan alamnya dengan keunikan tersendiri.

Baca juga: Segarnya Berenang di Air Biru Danau Maobu Buton yang Cantik

Apalagi masyarakat Buton masih mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal seperti keberadaan Rumah Siku atau Banua Tada Buton. Hal ini mampu membuat semuanya menjadi indah dan menakjubkan. Kalau Sobat Turisian menyempatkan diri berkunjung di Pulau Buton, akan mendapatkan pengalaman yang tak akan terlupakan.*

 

Pos terkait