Jam Buka Berubah Selama Event Monas Week 2022, Catat Jadwalnya ya..

Monas Week 2022
Monumen Nasional atau Monas dihiasi dengan lampu laser. (Instagram/@love_jkt)

TURISIAN.com – Monas Week 2022 sudah mulai  berlangsung. Banyak pengunjung yang berdatangan ke Monumen Nasional (Monas)  di Jakarta Pusat itu.

Maklum, selain sedang ada event, kawasan ini masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Terutama bagi pengunjung dari luar Jakarta.

Terlebih ketika memasuki akhir pekan, lokasi  ini selalu ramai oleh masyarakat yang ingin menghabiskan waktu libur.

Bagi masyarakat Jakarta atau sekitar Monas mungkin sudah tak asing. Tetapi  yang berasal dari luar Jakarta, masih banyak yang sedikit belum tau, kapan kawasan ini dibuka atau beroperasi

Nah, supaya Sobat Turisian tak lagi lagi bingung berikut ada ada perubahan jam buka Monas selama acara Monas Week 2022 pada 14-16 Oktober 2022.

BACA JUGA: Kereta Cepat Jakarta-Bandung 2023 Sudah Bisa Meluncur, Ini Progresnya

Berikut adalah rincian jam buka Monas terbaru, sebagaimana dilansir dari akun Instagram resminya dan Tribun Travel:

  • Kawasan Monas pukul 06.00-22.00 WIB.
  • Kawasan Tugu Monas pukul 08.00-17.00 WIB, dengan jadwal tutup loket pukul 16.00 WIB.

Adapun acara Monas Week 2022 berlangsung pada pukul 10.00-17.00 WIB.

Acara ini akan diisi beragam acara, salah satunya Monas Festival yang memadukan sketsa dan tarian tradisional diiringi oleh orkestra. Ada pula pertunjukan air mancur di sisi barat Monas.

BACA JUGA: Yuk Rekreasi Sambil Edukasi ke Museum Taman Prasasti Jakarta!

Museum Sejarah Nasional

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Muhammad Isa Sanuri, Monas Week merupakan acara rutin yang tertunda selama dua tahun akibat pandemi.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini, mudah-mudahan menjadi usaha kami untuk meningkatkan destinasi wisata yang ada di Jakarta. Sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat di Jakarta. Baik warga Jakarta sendiri maupun warga Indonesia yang sedang ada di sini,” papar kata Isa, kemarin.

Sebagai informasi, Monas beralamat di Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jaraknya dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, misalnya, adalah 27-28 kilometer dengan waktu tempuh hampir 40 menit.

Isa menjelaskan, pada hari pertama pihak pengelola menampilkan immersive video di dalam Tugu Monas. Tepatnya pada  Museum Sejarah Nasional (Diorama).

BACA JUGA: Monumen Bajra Sandhi, Wisata Edukasi Sejarah Mengenal Perjuangan Rakyat Bali

Nantinya pengunjung akan ada suguhan atau tampilan digital tiga dimensi. Pada sesi ini  ada cerita tentang sejarah tempat tersebut.

“Kemudian yang kedua nanti ada video mapping. Sebelumnya kami pernah melaksanakan dan tahun ini kami laksanakan lagi. Tapi hanya tiga hari karena sekarang peralihan dari kondisi pasca Monas tutup dua tahun,” kata Isa.

Selanjutnya pada hari kedua atau Sabtu (15/10), pengelola melaksanakan Monas Festival, sebagai perpaduan antara sketsa dan tarian tradisionaldengan iringan orkestra.

Untuk hari terakhir pada Minggu (16/10), pengelola akan menampilkan air mancur menari pada sisi barat Monas.

Isa berharap Monas Week 2022 dapat menambah jumlah pengunjung setelah Jakarta terkena  deraan  pandemi Covid-19. Adapun Monas telah resmi dibuka oleh Pemprov DKI Jakarta sejak 16 Juni 2022 lalu. ***

Pos terkait