Pembangunan Terminal VVIP Bandara Bali Ngurah Rai Rampung, Kini Lebih Cantik

Terminal VVIP Bandara Bali
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali, Jumat 7 Oktober 2022. Foto: Dok.Kemenhub

TURISIAN.com – Terminal VVIP Bandara Bali Ngurah Rai, Bali dipastikan selesai sebelum perhelatan perhelatan KTT G20 November mendatang.

Dengan demikian, para delegasi dari berbagai negara akan mendapat sambutan dengan lebih sempurna. Saat ini revitalisasi bandara tersebut hampir rampung atau sudah mencapai 99 persen.

“Surprise, dalam waktu 3,5 bulan revitalisasi terminal VVIP ini sudah bisa kita selesaikan. Kita memang harus siapkan terminal ini dengan anggun dan apik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi seperti dikutip Turisian.com dari laman resmi kemenhub, Senin malam 10 Oktober 2022.

Sangat beralasan dilakukan revitalisasi bandara ini karena akan menjadi titik jumpa para pemimpin negara.

BACA JUGA: Kunjungan Wisatawan ke Bali Sentuh Angka 10 Ribu Per Hari

“Sehingga bisa memberikan impresi atau kesan yang baik dari para tamu negara G20,” lanjut Menhub saat meninjau progres pembangunan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai Bali.

Menhub mengatakan, desain terminal mengusung konsep kearifan lokal namun juga modern.

Dengan arsitektur tradisional Bali, yang dikenal dengan nama Wantilan. Artinya yaitu bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat pertemuan adat masyarakat Bali.

Saran dari Gubernur Bali

“Kami bekerja sama dengan para arsitek dan juga saran dari Gubernur Bali. Kita lihat di sini ada satu gebyok yang merepresentasikan Bali,” jelasnya.

BACA JUGA: Bandara Internasional Juanda Surabaya Kembali Layani PPLN dan Umrah

“Dengan pewarnaan yang simple membuat semakin anggun. Ini menjadi kebanggaan kita,” sambung Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, untuk memastikan kelancaran konektivitas transportasi udara bagi para tamu negara G20, telah dilakukan sejumlah persiapan.

Salah satunya yaitu mempersiapkan sejumlah bandara untuk menjadi tempat parkir (round) pesawat-pesawat dari para delegasi, yang tidak semuanya bisa diparkir di Bandara Ngurah Rai.

Beberapa bandara yang disiapkan untuk round pesawat yakni di Surabaya, Lombok, Jogja, Semarang, Labuan Bajo, Jakarta, dan Makassar.

BACA JUGA: Kemenhub Luncurkan Terbang Hemat, Berikut 13 Bandara Bebaskan Bea Pelayanan

“Persiapan yang dilakukan harus matang. Kita tidak hanya sebatas mengundang tetapi kita bisa menerima dan memberikan pelayanan dengan baik ,” tutur Menhub.

Selain melakukan revitalisasi dan beautifikasi Terminal VVIP, juga dilakukan revitalisasi dan peningkatan fasilitas di Bandara Ngurah Rai seperti di Terminal Penumpang Internasional dan Domestik, Kargo, dan fasilitas lainnya.

Turut hadir dalam tinjauan, Gubernur Bali I Wayan Koster, Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiarto, dan Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi. ***

Pos terkait