Wisata Belanja dan Edukasi Keramik di Sentra Keramik Plered Purwakarta

Sentra Keramik Plered Purwakarta
Seorang pengrajin di Sentra Keramik Plered Purwakarta. (Source: Disparbud Jabar)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang sedang atau akan berlibur ke Purwakarta, jangan lupa beli cendera mata kerajinan keramik di Sentra Keramik Plered. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata belanja sekaligus edukasi.

Di sini, Sobat Turisian bisa menemukan banyak pengrajin keramik yang piawai dalam membuat beragam produk kerajinan. Di antaranya vas bunga, guci, gentong air, dan suvenir dengan bentuk lainnya.

Masyarakat di kawasan Plered ini kabarnya sudah menekuni kerajinan membuat keramik sejak masa kolonial Belanda. Secara turun temurun, mereka terus menjalankan industri kerajinan keramik hingga akhirnya bisa menembus pasar internasional.

Selain dapat berbelanja, di Sentra Keramik Plered ini Sobat Turisian pun dapat melihat langsung proses pembuatannya. Harga dan bentuk kerajinan keramik di sini juga bervariasi. Ada bentuk hewan, buah-buahan, celengan, pot, dan lain lain.

Baca juga: Wisata Sambil Belajar Kearifan Budaya Lokal di Kampung Tajur Purwakarta

Hebatnya lagi, keramik karya masyarakat Plered, Kabupaten Purwakarta ini tak hanya dijual ke beberapa kota lain seperti Jakarta. Bahkan sebagian karya pengrajin ini tembus pasar internasional. Mereka sering ekspor ke negara lain, seperti China, Belanda, dan Rusia.

Lokasi & Jam Buka Sentra Keramik Plered

Sentra pembuatan keramik ini berlokasi di Jalan Raya Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian bisa mengikuti rute perjalanan dari Alun-Alun Purwakarta.

Dari Alun-Alun tersebut, kalian akan menempuh perjalanan sejauh 14 km. Dengan estimasi waktu kurang lebih 28 menit. Akses jalannya pun dalam kondisi bagus, Sobat Turisian bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sobat Turisian pun bisa menggunakan Google Maps untuk panduan dengan mengarahkan tujuan menuju Kecamatan Plered. Kalian juga bisa bertanya pada masyarakat sekitar, karena objek wisata Purwakarta ini sudah tersohor.

Baca juga: Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Sajikan Air Mancur Menari yang Memukau

Sementara untuk jam operasional Sentra Keramik Plered ini buka setiap hari. Mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Khusus untuk weekend ataupun hari libur lainnya jam bukanya bisa lebih lama.*

Pos terkait