Menguak Eksotisme Pantai Gandoriah, Pantai Favorit Kebanggaan Warga Pariaman

Pantai Gandoriah
Salah satu sudut tempat matahari terbenam di Pantai Gandoriah di Kota Pariaman Sumatera Barat. Foto: iStock

TURISIAN.com – Masih soal destinasi di Sumatera Barat Buat Sobat Turisian  yang ngakunya urang awak, pasti kenal dengan Pantai Gandoriah.

Yapt, pantai ini merupakan salah satu ikon kebanggaan warga  Pariaman.

Perpaduan letaknya yang strategis, panorama yang indah, dan konturnya yang landai, membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata pantai paling populer di Kota Pariaman.

Tak hanya pemandangan alamnya yang eksotis, Gandoriah juga menjadi ajang pelaksanaan festival budaya tahunan, yaitu melabuh Tabuik.

BACA JUGA: Daftar Promo Kuliner Oktober 2022, Ada Diskon Sampai 50 Persen Lho

Acara ini biasanya diselenggarakan pada tanggal 10 Muharam setiap tahunnya. Pada saat acara berlangsung, pantai ini akan menjadi lautan manusia.

Mungkin suasanya seperi ogoh-ogohan di Bali menjelang hari raya Nyepi ya.

Lokasi Pantai Gondariah berada di pusat kota

Karena lokasinya yang berada di pusat kota Pariaman, tak terlalu sulit untuk mencapai pantai Gandoriah ini.

Kalau kebetulan kamu nggak membawa kendaraan pribadi, masih ada banyak sarana transportasi umum yang bisa kamu pergunakan.

Pantai ini bahkan terhubung dengan stasiun kereta api menuju Kota Padang. Di akhir pekan, PT KAI menyediakan kereta wisata dengan rute Padang-Pariaman. So, don’t worry ya Guys!

BACA JUGA: Air Terjun Sipagogo, Emas Biru yang Tersembunyi di Pasaman Barat

Menawarkan banyak wisata pulau

Salah satu keunikan yang ditawarkan Gandoriah adalah adanya enam pulau kecil di lepas pantainya, yaitu pulau Kasiak, Angso, Tangah, Ujung, Gosong dan Bando.

Pulau-pulau tersebut selain menjadi pemandangan yang indah untuk dinikmati dari pinggir pantai, juga bisa disinggahi lho, Guys.

Nggak butuh waktu lama untuk sampai di sana. Kamu hanya sekitar 20 menit saja dari Gandoriah kok.

Bosan dengan pemandangan laut yang begitu-begitu aja? Tenang, Takaiters! Di sini, kamu bisa melakukan banyak hal yang asyik.

BACA JUGA: Mengenal Kampung Adat Sijunjung di Tengah Kuatnya Arus Modernisasi

Sebut saja berselancar, berenang, dan olahraga pantai lain. Pantai ini biasanya akan sangat ramai di akhir pekan atau hari libur.

Kisah Gadis Cantik Anggun Nan Tongga

Di balik keindahannya, Gandoriah ternyata menyimpan kisah pilu lho Guys. Jadi, menurut cerita turun temurun yang beredar di masyarakat, Gandoriah adalah nama seorang putri cantik yang harus kehilangan cintanya dengan tragis.

Kisah cintanya dengan seorang pemuda bernama Anggun Nan Tongga berakhir duka lantaran mereka ternyata saudara sepersukuan yang tak boleh menikah.

Saat ini, Nan Tongga diabadikan sebagai nama sebuah hotel yang berada di kawasan pantai ini. Wah, jadi sedih ya!

Oke Guys, itu tadi sedikit cerita tentang Pantai Gandoriah, pantai eksotis kebanggaan warga Pariaman. Selamat merencanakan liburan ya! ***

Pos terkait