Ingin Coba Hidangan Khas Keraton Yogyakarta? Yuk ke Bale Raos Restaurant!

Bale Raos Restaurant Jogja
Bale Raos Restaurant Jogja. (Source: Dispar Kota Yogyakarta)

TURISIAN.com – Kalau Sobat Turisian penasaran dengan hidangan khas Keraton Yogyakarta, bisa mampir ke Bale Raos Restaurant Kota Jogja. Restoran ini bisa memuaskan rasa penasaran kalian tersebut dengan aneka sajian kuliner yang pasti sedap mantap.

Di restoran ini, Sobat Turisian bisa mencicipi masakan-masakan favorit para Raja Yogyakarta, lho! Tempat makan ini bisa memenuhi rasa penasaran itu semua. Lokasi restorannya pun berada di kawasan Keraton Yogyakarta, sehingga nuansa keraton menjadi lebih terasa.

Bale Raos Restaurant hadir dengan menyajikan berbagai menu kegemaran keluarga keraton. Bangunannya pun mengusung konsep arsitektur Jawa yang kental.

Dari mulai bangunan bagian depan yang menyerupai Plengkung Gading lengkap dengan tulisan khas Keraton. Lalu bangunan Joglo yang menawan, serta aura Keraton yang kental. Di tempat ini Sobat Turisian akan menikmati hidangan dengan suasana bak seorang bangsawan.

Baca juga: Masjid Gedhe Kauman Jogja, Berusia Lebih dari 200 Tahun dan Sarat Nilai Sejarah

Ada berbagai menu utama yang bisa Sobat Turisian cicipi di Bale Raos Restaurant Jogja ini. Antara lain Bebek Suwir Suwir yang merupakan masakan favorit Sultan HB X. Yaitu berupa irisan daging bebek yang tersaji dengan irisan nanas goreng dan saus kedondong parut.

Berikutnya ada Semur Piyik olahan lezat dari burung dara. Urip-Urip Gulung yang terbuat dari ikan lele fillet panggang dan disajikan dengan saus mangut, serta Soup Timlo. Tak lupa juga Beer Jawa, minuman asli Keraton Yogyakarta hasil ramuan dari berbagai rempah-rempah. Seperti jahe, kayu secang, cengkeh, jeruk nipis, dan lainnya.

Sajian Musik & Jam Buka Bale Raos Restaurant

Berbagai hidangan yang ada di Bale Raos Restaurant melewati proses pengolahan sesuai resep keluarga kerajaan yang sudah menjadi warisan turun-temurun. Selain itu, selama bersantap, Sobat Turisian akan diiringi alunan Gending Jawa yang membuat kalian seolah-olah menjadi tamu kehormatan Keraton.

Di beberapa kesempatan, Sobat Turisian bisa menyaksikan suguhan seni tari Jawa klasik (beksan). Kemudian setiap Sabtu malam, Bale Raos menampilkan live performance music keroncong yang bakal membuat Sobat Turisian semakin nyaman dan betah.

Baca juga: Berkunjung ke Museum Keraton Yogyakarta Biar Lebih Tahu Kesultanan Yogyakarta

Bale Raos Restaurant Jogja buka setiap hari, mulai dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB (kecuali hari Senin buka 09.30 WIB – 15.00 WIB). Tersedia area indoor dan outdoor dengan kapasitas indoor hingga 80 seat, dan kapasitas 200 seat dalam kombinasi indoor dan outdoor party.*

Pos terkait