Pemda DKI Jakarta Pastikan Ikut Event ITCM Asia, Ini Daftar yang Ikut

Event ITCM Asia
Ilustrasi. Arena event MICE atau meeting, incentive, convention, and exhibition. Foto: iStock

TURISIAN.com – Pemda DKI Jakarta memastikan ikut dalam event ITCM Asia atau Incentive Meeting & Conventions Meeting 2022 di Bangkok, Thailand 20-22 September 2022.

Keikutsertaan Pemda DKI tersebut untuk memperkuat posisi ibu kota Jakarta sebagai industri global meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan Jakarta sebagai pusat bisnis dan pemerintahan Indonesia memiliki potensi wisata MICE yang besar.

Selain itu, Jakarta juga menjadi tuan rumah Urban 20 (U20) Mayors’ Summit 2022. Sebuah, pertemuan puncak para pimpinan dunia G20.

BACA JUGA: Tol Japek II Selatan, Bisa Bikin Perjalanan Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam

Sebagai presiden G20 Indonesia akan membahas berbagai tantangan pasca pandemi Covid-19 yang harus dihadapi kota-kota global.

Hal ini sesuai dengan tema pelaksanaan G20 Indonesia yakni “Recover Together, Recover Stronger”.

Dan, salah satu cara agar kota-kota di dunia dapat pulih akibat terpaan pandemi corona adalah melalui kegiatan MICE.

Dari event ini harapannya, dapat menggerakkan roda perekonomian dan menghidupkan kembali industri pariwisata.

BACA JUGA: Berbekal Sejarah Perdagangan Dunia, Makassar Siap Jadi Poros MICE Indonesia

MICE menjadi salah satu pilihan guna mendorong  perekonomian dan industri pariwisata agar cepat pulih kembali.

Kota Bisnis Terbesar Tanah Air

Masih menurut Andhika, Jakarta merupakan kota bisnis terbesar  tanah air yang secara tidak langsung menjadikannya sebagai kota MICE Indonesia,

Tidak hanya itu, positioning Jakarta untuk sektor MICE memiliki potensi cukup tinggi.

Sebut saja, belum lama ini Jakarta baru meresmikan Stadion Internasional Jakarta, yang terletak di Sunter, Jakarta Utara.

Stadion ini juga dapat menjadi bagian  tempat penyelenggaraan berbagai event besar tingkat internasional maupun lokal.

BACA JUGA: Merasakan Modernisasi Jakarta Lewat Event JTF, Catat Jadwalnya

Dalam waktu dekat, misalnya, ada Jakarta Marathon ke-9 yang akan berlangsung pada hari Minggu 16 Oktober 2022.

Event lari ini memiliki harapan besar dalam  mengembangkan Sport Tourism Indonesia ke kancah dunia dan membuka lapangan pekerjaan pariwisata.

Pemprov DKI Jakarta telah mendukung penuh acara tersebut sejak tahun pertama Jakarta Marathon (JakMar) launching pada tahun 2013.

Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi karena mampu mengkolaborasikan  seluruh stakeholder dalam meningkatkan promosi pariwisata.

BACA JUGA: DKI Jakarta Ikut Bali Beyond Travel Fair, Ini Tujuan yang Ingin Diraih

“Keberadaan JakMar semakin memperkuat positioning Jakarta sebagai kota global,” ungkap Andhika sebagaimana dikutip Turisian.com dari laman ttgmice.com, Jumat 16 September 2022.

Selain menjadi kota bisnis dan MICE, lanjut Andhika, Jakarta juga memiliki berbagai destinasi bidang leisure.

Dan salah satu destinasi rekreasinya adalah kawasan Kepulauan Seribu yang cocok bagi pengunjung yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk Jakarta.

BACA JUGA: Kemenparekraf Bidik 1,5 Juta Turis Kaya untuk Datang ke Bali

“Kepulauan Seribu terletak hanya sekitar 15 menit dari pelabuhan Jakarta. Pada kawasan ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alamnya. Yang tak menarik dengan destinasi pantai lainnya. Baik lokal maupun global,” tambahnya.

Sementara itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta bekerja sama dengan beberapa pelaku usaha di bidang MICE sudah menghimpun beberapa pelaku usaha yang akan hadir di event ITCM Asia 2022

Adapun pelaku usaha tersebut adalah Jakarta Convention Center, Dyandra Promosindo, Archipelago Int., Pullman Central Park, Chandra Universal Travel, Amora Tour dan Lovin Tours Indonesia. ***

Pos terkait