Inilah Olahan Bandeng Oleh-Oleh Khas Pati yang Wajib Dicoba Kelezatannya!

bandeng Khas Pati
Olahan bandeng Khas Pati. (Source: visitjawatengah)

bandeTURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang sedang berkunjung dan berlibur ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah, jangan lupa pas pulang nanti beli oleh-oleh. Di sini ada olahan ikan bandeng khas Pati yang bisa Sobat Turisian pilih sebagai oleh-oleh dan membawanya pulang untuk sanak saudara.

Kabupaten Pati sendiri memang terkenal dengan olahan ikan bandengnya. Bahkan, begitu Sobat Turisian hendak masuk ke kota Pati akan akan disambut dengan landmark berbentuk ikan bandeng. Hingga tak heran olahan ikan air payau ini menjadi oleh-oleh khas Pati yang paling populer.

Salah satu daerah yang terkenal dengan produksi olahan bandeng khas Kabupaten Pati ini, yaitu Kecamatan Juwana yang terletak di area Jalan Pantura. Di daerah Juwana ini, tersebar industri pengolahan bandeng presto.

Baca juga: Sedapnya Menyantap Soto Kemiri, Kuliner Khas Pati

Proses pembuatan bandeng presto sendiri mulai dengan memasak ikan air payau tersebut sedemikian rupa hingga durinya menjadi lunak. Jadi, kalau Sobat Turisian mau mengkonsumsi bandeng presto, tidak perlu ribet menyisihkan duri dan bisa langsung memakannya.

Oleh-oleh bandeng presto khas Pati ini biasanya mudah Sobat Turisian temui di tempat oleh-oleh atau pasar-pasar tradisional di wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Biasanya, bandeng presto sudah tersedia dalam kemasan kotak dan tahan berhari-hari. Sehingga sangat cocok menjadi buah tangan saat Sobat Turisian pulang melancong dari Kabupaten Pati.

Selain jenis bandeng presto, ada juga dalam bentuk olahan bandeng khas Pati lainnya. Seperti bandeng cabut duri misalnya atau otak-otak bandeng juga ada.

Baca juga: Memanjakan Mata dengan Pesona Alam di Bukit Pandang Kayen Pati

Tampilan olahan bandeng tersebut tampak unik, dari luar seperti ikan bandeng pada umumnya, namun di dalamnya sudah berbentuk olahan. Cita rasanya gurih dan empuk, pasti bakal bikin Sobat Turisian ketagihan begitu menyantapnya.*

 

Pos terkait