Indahnya View Alam dari Atas Gunung Lempuyang di Pulau Dewata

Gunung Lempuyang
View indah dari Pura Penataran Agung di Gunung Lempuyang. (Source: Disbudpar Karangasem)

TURISIAN.com – Selain wisata pantai, Pulau Dewata juga memiliki wisata pegunungan yang menarik buat Sobat Turisian datangi. Ada sejumlah gunung di Bali yang bisa menjadi tujuan wisata kalian. Salah satunya Gunung Lempuyang atau disebut juga Puncak Bukit Bisbis.

Wisata Gunung Lempuyang semakin menarik karena bukan hanya menyajikan keindahan alam. Namun juga adanya Pura Penataran Agung Lempuyang yang terletak di lereng gunung ini. Bahkan kini pura ini menjadi salah satu destinasi wisata hits dan populer di Kabupaten Karangasem, kawasan Bali Timur.

Dari spot pura ini Sobat Turisian bisa menikmati indahnya panorama alam, termasuk kemegahan Gunung Agung yang tampak sempurna. Tempat ini juga cocok buat kalian yang mencari ketenangan diri untuk melepas kepenatan dan merelaksasi tubuh.

Jalur Pendakian Gunung Lempuyang Bali

Sobat Turisian bisa mengakses Pura Penataran Agung Lempuyang dengan mendaki menuju Puncak Bukit Bisbis ini melalui Desa Purwayu di Kecamatan Abang, Karangasem. Letak pura ini berdekatan dengan area parkir objek wisata gunung tersebut, sehingga hanya butuh beberapa menit berjalan kaki.

Selain jalur dari Desa Purwayu menuju puncak Gunung Lempuyang, ada juga akses dari tempat lainnya yang bisa Sobat Turisian tempuh. Yaitu melalui Banjar Batu Gunung desa Bukit, lalu ada dari Banjar Gamongan, dan terakhir dari Banjar Jumenang.

Baca juga: Menyelami Keindahan Bawah Laut Blue Lagoon Beach Karangasem Bali

Namun yang menjadi jalur pendakian paling populer adalah dari Desa Purwayu. Melalui akses ini Sobat Turisian bisa melewati ribuan anak tangga yang tersedia dengan baik. Jumlah anak tangganya mencapai kurang lebih 1.750 anak tangga.

Buat kalian yang sudah terbiasa berpetualang mendaki, mungkin tidak akan terlalu berat menaiki anak tangga tersebut. Tetapi bagi mereka yang pemula atau tidak terbiasa, perlu menyiapkan stamina dengan baik.

Peranan Pura Penataran Agung Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang diperkirakan sudah ada sebelum pengaruh Hindu-Buddha di Bali. Sehingga menjadi salah satu pura tertua di Bali. Tempat suci ini memiliki posisi penting untuk pura-pura yang ada di Bali. Pura yang satu ini disebut juga sebagai bagian dari Catur Loka Pala atau 4 pura sebagai pelindung yang menjaga rasa aman dan nyaman.

Keempat pura tersebut, di antaranya Pura Luhur Lempuyang di sisi timur, Pura Luhur Batukaru sisi barat, Pura Puncak Mangu sisi utara, dan Pura Andakasa pada sisi selatan. Pura Luhur Lempuyang juga menjadi bagian dari Sad Kahyangan Jagat atau 6 tempat suci sebagai pilar pulau Bali.

Dengan fungsinya yang penting bagi umat Hindu, pura di puncak Gunung Lempuyang ini menjadi sering dikunjungi warga Hindu untuk bersembahyang. Termasuk juga mereka yang ingin memohon air suci (tirta) ataupun dalam prosesi Upacara Meajar-ajar.

Baca juga: Megibung, Tradisi Makan Bersama Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Sehingga tidak mengherankan kalau Sobat Turisian mendaki ke Gunung Lempuyang akan sering bertemu dengan warga Hindu untuk melakukan persembahyangan. Jalur pendakian dari Pura Penataran Agung Lempuyang menjadi tidak terlalu berat karena bisa mengikuti dan menapaki tangga demi tangga menuju puncak.*

Pos terkait