5 Aktivitas Menarik Buat Kalian Coba di Desa Wisata Pulau Kolorai

Desa Wisata Pulau Kolorai
View Pulau Dodola dari Desa Wisata Pulau Kolorai

TURISIAN.com – Kolorai yang merupakan salah satu gugusan dari Kepulauan Morotaoi, Maluku Utara, adalah kampung nelayan. Namun pada 2021, resmi menjadi Desa Wisata Pulau Kolorai yang terletak di Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Desa Wisata Pulau Kolorai memiliki banyak daya tarik dan aktivitas menarik yang bisa Sobat Turisian coba lakukan. Ada surga bawah laut tersembunyi di pulau ini yang berisi peninggalan-peninggalan sejarah masa Perang Dunia II dan terumbu karang yang elok.

Berdiri di pulau ini, Sobat Turisian juga bisa menikmati view panorama laut dan Pulau Dodola yang memanjakan mata. Kalian juga bisa mencoba banyak aktivitas wisata bahari di sini. Seperti 5 aktivitas wisata yang asyik dan seru di Pulau Kolorai berikut ini!

1. Menyelami keindahan bawah laut Pulau Kolorai

Sobat Turisian akan terhipnotis dengan hamparan lautan biru dan jernih di Desa Wisata Pulau Kolorai, sehingga ingin rasanya langsung menceburkan diri. Biar lebih asyik, jangan hanya menceburkan diri, tapi juga wajib coba menyelami keindahan bawah lautnya.

Cukup dengan snorkeling, Sobat Turisian sudah bisa menemukan terumbu karang yang cantik beserta ikan-ikan hias yang lalu lalang. Jangan khawatir tak membawa perlengkapannya, karena fasilitas untuk selam permukaan sudah tersedia juga di sini.

2. Melihat peninggalan bersejarah di Bawah Laut Pulau Kolorai

Aktivitas yang satu ini menjadi bagian favorit liburan di desa wisata tersebut. Yaitu kegiatan menyelam (diving) untuk melihat peninggalan bersejarah Perang Dunia II. Di dasar laut yang jernih, terdapat jejak-jejak alat perang seperti bangkai kapal laut, pesawat tempur, hingga truk yang tenggelam dan kini penuh terumbu karang.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Morotai yang Memesona, Pas Buat Tambah Pengalaman Barumu!

Semua peninggalan tersebut menjadi saksi hadirnya pangkalan militer Sekutu di Pulau Morotai. Bukan hanya itu, Sobat Turisian juga harus coba menyelam di Mitita Shark Point. Selain terumbu karang, spot ini juga menawarkan pengalaman memacu adrenalin berenang bersama kawanan hiu sirip hitam.

3. Tidur di homestay warna-warni Pulau Kolorai

Desa Wisata Pulau Kolorai terkenal sebagai kampung warna-warni, karena setiap rumah penduduknya memiliki cat dinding dan atap yang warna-warni. Sobat Turisian yang ingin tinggal lebih lama di desa ini, bisa menginap di salah satu rumah warga yang menjadi homestay.

Fasilitas homestay di desa wisata Kabupaten Kep. Morotai ini sudah lengkap, bersih, dan nyaman. Tentunya juga telah menerapkan konsep CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability).

4. Santap kuliner seafood ala Pulau Kolorai

Kampung nelayan di pulau ini memproduksi banyak hasil laut setiap harinya. Sebagian langsung masyarakat olah menjadi sajian makanan atau produk UMKM. Kelezatan dan keunikan sajian kuliner di sini, enggak bisa Sobat Turisia temukan di daerah lain.

Banyak sajian seafood khas Desa Wisata Pulau Kolorai yang menggugah selera. Kalian akan digoyang lidah dengan cita rasa ikan kuah tabur dan papeda yang teksturnya kenyal. Jangan lupa juga untuk mencicipi sashimi ala Pulau Kolorai. Yaitu gohu ikan atau potongan ikan tongkol dengan bumbu pedas dan memakannya bersama sagu atau pisang goreng.

5. Belanja oleh-oleh khas Pulau Kolorai

Sebagai kampung nelayan, masyarakat di Desa Pulau Kolorai banyak mengolah ikan segar hasil tangkapan dan olahan ikan asin. Olahan seafood ini pun menjadi oleh-oleh khas desa wisata ini dan tepat buat Sobat Turisian bawa pulang

Baca juga: Pulau Dodola, Surga Keindahan Alam di Pulau Morotai Maluku Utara

Jika suka yang pedas-pedas, ada juga produk sambal dabu-dabu roa khas desa. Selain produk makanan, ibu-ibu desa ini juga lihai memproduksi kerajinan tangan berupa anyaman. Seperti dari bahan buro-buro atau pandan berduri yang mereka sulap menjadi topi, tas, gelang, dan tikar. Sobat Turisian bisa pilih dan beli aneka anyaman tersebut sebagi cendera mata dari Desa Wisata Pulau Kolorai.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait