Yuk Kenali Budaya Jawa Lewat Blangkon Fest 2022!

Blangkon Fest 2022

TURISIAN.com – Kota Solo atau Surakarta memiliki banyak potensi daya tarik wisata budaya Jawa. Salah satunya terkait blangkon yang istimewa dalam pakaian tradisional Jawa. Mengingat istimewanya blankon tersebut, Pemerintah Kota Surakarta bersama Dinas Pariwisata Kota Surakarta menggelar Blangkon Fest 2022.

Acara Blangkon Fest 2022 tersebut akan berlangsung di bulan September ini. Tepatnya pada tanggal 9-11 September 2022. Acara akan mulai berlangsung pada pukul 09.30 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB setiap harinya,  bertempat di Loji Gandrung Solo.

Event ini merupakan gagasan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta. Ini adalah kelembagaan yang terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kesadaran serta tanggung jawab untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah. Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Tujuan penyelenggaraan Blangkon Fest 2022 sekaligus untuk melestarikan budaya lokal.

Baca juga: Nikmati Manis dan Kenyalnya Lenjongan, Makanan Tradisional Asli Solo

Ada berbagai rangkaian acara yang tersaji di dalam event ini. Antara lain pameran, bazaar UMKM, talkshow, workshop UMKM, bedah budaya, atraksi budaya, Tiktok Challenge, dan night performance. Sobat Turisian wajib merasakan kemeriahan festival ini!

Keistimewaan Blankon

Blangkon memiliki keistimewaan sebagai salah satu bagian dari pakaian tradisional yang menjadi identitas kebudayaan Jawa. Blangkon sendiri berupa penutup atau ikat kepala untuk kaum laki-laki sebagai pelengkap busana Jawa.

Baca juga: 5 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Dinikmati Kelezatannya!

Menariknya lagi, blangkon memiliki makna filosofis yang mendalam. Terdapat suatu pengharapan bagi pemakainya mengenai nilai-nilai hidup. Seperti dua pucuk helai kain di bagian kanan dan kiri yang saling terikat bermakna sebagai simbol pertemuan, antara jagad alit (mikrokosmos) dengan jagad gedhe (makrokosmos).*

 

 

 

Sumber: Pemkot Surakarta

Pos terkait