Ada 476 Ribu Wisman Berkunjung ke Indonesia, Negara Mana Saja?

476 ribu wisman
Dua bocah melintas di lobby Bandara I Gusti Nurah Rai Bali. Kunjungan wisman melalui bandara ini menunjukan peningkatan signifikan. Foto: iStock

TURISIAN.com – Tercatat 476 ribu wisman berkunjung ke Indonesia pada periode Juli 2022. Angka ini menunjukan peningkatan yang cukup signifikan.

“Berdasarkan data Juli 2022 sudah ada 476.970 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi sejak pandemi COVID-19,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam keterangan The Weekly Brief with Sandi Uno hari ini, Selasa 6 September 2022.

Menurut Sandiaga, dominasi kunjungan wisman berasal dari lima negara. Yaitu Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Amerika Serikat dengan peningkatan hampir 40 persen.

BACA JUGA: Kunjungan Wisman Naik Dratis Sepanjang Juni 2022, Ini Jumlahnya

Secara kumulatif selama Januari-Juli 2022, jumlah wisman mencapai 1,2 juta kunjungan.

Atau meningkat hingga 15 kali lipat. Peningkatan tersebut dipicu kebijakan Visa on Arrival (VoA) bagi wisman, khususnya ke Bali.

“Saat ini, kunjungan wisman ke Bali telah mencapai angka 246.504 kunjungan per Juli 2022. Ini merupakan angka tertinggi setelah pandemi (COVID-19),” katanya.

BACA JUGA: Drama Musikal Calonarang Sedot Ribuan Pengunjung di Bali, Keliling 5 Kota

“Dimana  angka kunjungan per hari mencapai sembilan ribu kunjungan, melalui pintu masuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa,” sambungnya.

Mengenai kebijakan VoA, lanjutnya, saat ini sudah ada 75 negara yang masuk ke dalam daftar penerima VoA. Dengan tambahan tiga negara baru, yaitu Maladewa, Monaco, dan Kolombia.

“Ada tambahan sembilan negara subjek bebas visa kunjungan khusus wisata ke Indonesia. Yaitu Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam,” ucap Sandiaga terkait angka 476 Ribu Wisman Berkunjung ke Indonesia. ***

Pos terkait