Gurihnya Nasi Liwet Khas Kota Solo Bikin Ketagihan

Nasi Liwet Khas Solo
Nasi Liwet Khas Solo. (Source: Pemkot Surakarta)

TURISIAN.com – Berwisata di Kota Solo atau Surakarta, Sobat Turisian tak boleh melewatkan sajian makanan khasnya. Ada satu kuliner khas yang biasa masyarakat setempat nikmati sebagai menu makan pagi maupun makan malam. Sobat Turisian wajib mencobanya, namanya Nasi Liwet atau Sego Liwet khas Solo.

Masakan khas Kota Solo ini berbeda dengan nasi liwet yang berada di Jawa Barat maupun daerah lainnya. Ciri khas dari nasi liwet yang satu ini, yaitu berbumbu gurih dengan campuran kuah sayur labu siam. Cita rasanya sudah pasti menggugah selera dan bikin ketagihan, Sobat Turisian wajib menyantapnya.

Sobat Turisian bisa menikmati hidangan khas Solo ini dengan menu pendamping yang beragam. Ada pilihan ayam suwir maupun telur rebus. Selain itu, penyajian hidangan khas Solo ini juga unik. Sajiannya menggunakan daun pincuk yang menjadikan penikmat nasi liwet merasakan sensasi yang berbeda.

Sejarah Nasi Liwet Khas Kota Solo

Sejarah nasi liwet ini berasal dari masyarakat Desa Menuran, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang menjualnya seperti makanan pada umumnya saat itu. Namun tak disangka penggemar masakan ini semakin lama kian banyak.

Kini sajian nasi ini menjadi salah satu menu andalan masyarakat Solo. Sehingga tidak sedikit orang-orang mulai tertarik untuk membuka bisnis kuliner nasi liwet.

Baca juga: 5 Makanan Khas Kota Solo yang Wajib Dinikmati Kelezatannya!

Versi lain dari sejarah nasi liwet khas Solo menyebutkan bahwa hidangan ini merupakan salah satu menu yang sering ada ketika acara Maulid Nabi. Awal mula terciptanya karena masyarakat setempat terinspirasi dengan nasi samin yang digadang-gadangkan merupakan salah satu menu favorite nabi.

Namun pada saat itu masyarakat setempat tidak dapat menemukan minyak samin. Maka dari itu sebagai penggantinya tercetuslah nasi liwet yang terbuat dari campuran air kelapa.

Ikon Kuliner Kota Solo

Menu nasi liwet ini pun telah dikukuhkan menjadi ikon kuliner Kota Solo. Penetapannya pada 19 Juni 2022 lalu, bertempat di Halaman Balaikota Surakarta. Banyaknya penjual nasi liwet di kota ini, mendorongnya menjadi salah satu ikon kuliner Kota Solo.

Sobat Turisian bisa menemukan banyak sekali penjual nasi liwet khas Solo di kota ini. Salah satu penjual yang terkenal, yaitu Nasi Liwet Yu Sani yang berlokasi di Jalan Veteran daerah Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon Solo.

Baca juga: Inilah 3 Tempat Wisata di Solo yang Ramah Anak, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

Soal harganya tak perlu khawatir, untuk satu porsi Nasi Liwet khas terbilang cukup murah dengan porsi melimpah. Jika berkunjung ke Kota Surakarta, jangan lupa mencobanya ya, Sob!*

 

Pos terkait