Jelajah Wisata Mangrove Tahuna Timur Kepulauan Sangihe

Wisata Mangrove Tahuna
Wisata Mangrove Tahuna, Kepulauan Sangihe. (Soure: Disparda Sangihe)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang suka berpetualang di alam terbuka, sekali-kali wajib mencoba menjelajahi wisata mangrove Tahuna di Kepulauan Sangihe. Di sini tak hanya dapat menkmati keindahan alam tapi juga bisa sembari edukasi mengenal hutan mangrove.

Kawasan wisata mangrove Tahuna ini, berlokasi di bagian barat Kelurahan Tapuang, Kecamatan Tahuna Timur. Dan berada di bagian tenggara Kelurahan Tidore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut).

Luas area hutan mangrove tersebut mencapai kurang lebih 2 hektare. Di dalamnya, Sobat Turisian bisa menemukan dan mengenal 4 jenis varietas mangrove yang tumbuh. Di antaranya jenis Bruguiera, Rhizopora, Arecaceae, dan Avicenniceae.

Keberadaan hutan mangrove Tahuna ini juga menjadi habitat bagi berbagai jenis kepiting, kerang. Serta menjadi tempat tumbuhnya sejenis pohon Nipa yang tangkai buahnya dapat mengalirkan nirah. Yang menjadi bahan mentah untuk pembuatan gula aren.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata di Sulut yang Menggiurkan, Apa Saja?

Pada waktu-waktu tertentu, terutama saat pagi hari atau di sore hari, objek wisata Mangrove Tahuna ini menyajikan pemandangan memesona. Terlebih ketika berbagai burung bangau berkumpul mencari makan di rawa hutan.

Sobat Turisian pun dapat menikmati kicau merdu berbagai burung kecil yang banyak terdapat di tempat ini. Nikmati pula sensasi untuk mengelilingi perairan hutan mangrove dengan menaiki perahu yang bisa disewa di sana. Jangan lupa foto-foto cantik di spot-spot ciamik dan instagenic di objek wisata ini.

Di sini pun telah tersedia berbagai lapak yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Spot yang cocok untuk melepas lelah dan mengisi perut yang lapar setelah Sobat Turisian puas mengeksplorasi hutan mangrove.

Lokasi & Rute ke Wisata Mangrove Tahuna

Jika tertarik dan penasaran untuk datang ke wisata Mangrove Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sobat Turisian cukup mudah menjangkaunya. Sebab lokasinya strategis, masih berada dalam kawasan kota, yakni di Tahuna Timur.

Baca juga: Destinasi Super Prioritas Likupang Menuju Pengembangan ke Ekowisata

Dari Pelabuhan Nusantara Tahuna, Sobat Turisian bisa mencapainya dengan berjalan kaki. Sedangkan dari pusat kota, berjarak hanya sekitar dua kilometer. Sehingga kalian hanya membutuhkan kira-kira 4 menit untuk mencapainya dengan menggunakan angkutan umum yang hilir mudik di Kota Tahuna.*

 

Pos terkait