Belanja Batik di Kampung Batik Kauman Pekalongan

Kampung Batik Kauman Pekalongan
Kampung Batik Kauman Pekalongan, Jateng. (Pemkot Pekalongan)

TURISIAN.com – Kota Pekalongan sudah sejak lama terkenal sebagai penghasil batik yang berkualitas. Hampir di setiap sudut kota ini ada perkampungan pengrajin batik. Salah satunya Kampung Batik Kauman. Sobat Turisian wajib ke sini buat belanja batik hingga melihat langsung proses pembuatannya.

Kampung ini berlokasi di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Terkenal sebagai pusat pengrajin batik sejak lama. Kampung ini juga dipercaya sebagai kampung pertama di Pekalongan. Karena terdapat banyak rumah-rumah kuno peninggalan di masa lalu dan Masjid Jami’ yang berdiri pada tahun 1852.

Di samping itu, arsitektur rumah-rumah lawas tempat tinggal perajin dari generasi ke generasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Dugaan Kampung Batik Kauman sebagai kampung tertua di Kota Pekalongan makin kuat setelah ada penemuan batik yang merupakan perpaduan batik Arab dengan India yang terkenal dengan sebutan Batik Jlampang.

Kemudia ada pula penemuan batik pengaruh dari Cina dengan sebutan Batik Encim. Tak hanya itu, masyarakat Kampung Kauman pun banyak berkecimpung dalam dunia batik. Terutama membuat batik serta canting yang berlangsung puluhan tahun hingga kini.

Baca juga: Senja di Pantai Pasir Kencana Pekalongan yang Memesona

Dari latar belakang itulah, sejak tahun 2007 kampung ini ditetapkan sebagai Kampung Batik Kauman. Semenjak menjadi kampung batik, kemajuan desa ini kian pesat. Hampir seluruh warga kampung ini membuat batik dan beberapa aksesori, seperti tas, sandal, dompet, dan bentuk lainnya. Menariknya, sebagian besar pengrajin memiliki toko atau tempat memajang hasil aneka kerajinan.

Fasilitas & Daya Tarik Lain Kampung Batik Kauman

Hebatnya lagi, desa wisata ini terus berbenah dengan melengkapi IPAL untuk menanggulangi limbah batik. Kemudian menambah beberapa fasilitas yang cukup modern, seperti Batik Net misalnya, untuk memperkaya pengetahuan tentang kampung ini lewat internet. Lalu ada pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Di sekitar kampung batik ini pun tampak dtumbuh dan berkembang fasilitas akomodasi homestay dan hotel yang jumlahnya cukup memadai. Selanjutnya banyak berkembang juga rumah makan atau restoran. Tak kalah menarik, di kampung tersebut juga terdapat showroom sebagai wadah buat Sobat Turisian yang ingin belajar membuat batik di atas kain.

Keunikan lainnya, saat mengunjungi lingkungan Kampung Kauman Sobat Turisian akan mudah menemui puluhan kios atau toko yang menjajakan aneka kerajinan hasil karya masyarakat setempat. Pembangunan Kampung Batik Kauman juga mendorong bangkitnya potensi kampung-kampung batik yang ada di sekitarnya, seperti Kampung Batik Pesindon dan Kampung ATBM Modono.

Baca juga: Yuk Piknik dan Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan!

Bahkan sejak kampung batik ini muncul, berbagai festival batik pun banyak berlangsung di sini. Antara lain event Pesona Batik Kauman dan beberapa event lainnya.*

Pos terkait