Meriahkan HUT RI, Diskon Gila-gilaan di Indonesia Shopping Festival 2022

Indonesia Shopping Festival
Sejumlah pusat perbelanjaan di Indonesia memberikan diskon besar dalam Indonesia Shopping Festival. (Pexels.com /@Markus Spiske)

TURISIAN.com – Indonesia Shopping Festival akan memberikan diskon gila-gilaan mulai 11 hingga 21 Agustus 2022.

Acara Indonesia Shopping Festival kali ini merupakan ajang untuk memeriahkan gelaran HUT RI ke-77.

Sobat Turisian bisa menikmati ragam promo serta pameran menarik yang akan terselenggara di sejumlah tempat.

Mengutip dari Antaranews.com pada Kamis, 8 Agustus 2022. Ketua Umum Dewan Pengurus Besar (DPP) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yakni Alphonzus Widjaja.

Dirinya mengungkapkan bahwa, kegiatan promosi yang merupakan agenda tahunan tersebut kali ini akan terselenggara secara serentak agar gaungnya lebih kuat.

BACA JUGA: Diskon Tiket Kereta Api, Plus Tarif Promo, Simak Rute Berikut Ini

“Setiap tahun, pusat perbelanjaan biasa melakukan promosi atau acara untuk memeriahkan HUT RI,” ucapnya.

“Namun dari dulu memang mulai dengan masing-masing mall yang berkreasi membuat acara, Saat ini kita lakukan bersama agar gaungnya lebih kuat,” sambungnya kemudian.

Kementerian perdagangan turut mendukung kegiatan tersebut, dengan memberikan dukungan penuh.

Mengingat masa pandemi menuju endemi ini merupakan momen bagi pihak mereka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak terutama para pelaku usaha retail untuk menggenjot laju pertumbuhan ekonomi nasional.

Festival Kuliner Khas Nusantara

Indonesia Shopping Festival akan memeriahkan suasana dengan pesta diskon spesial hingga 77 persen.

Angka tersebut rupanya menyesuaikan dengan usia Republik Indonesia pada bulan Agustus tahun ini yang genap berusia 77 tahun pasca merdeka.

BACA JUGA: Serba Menarik dan Unik, Berikut Aktivitas Kota Bogor Hingga Penghujung Tahun 2022

Disamping itu, akan hadir juga pameran produk dalam negeri serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh pusat perbelanjaan yang tersebar di sejumlah daerah.

Tidak berhenti sampai disitu, Indonesia Shopping Festival juga akan menghadirkan festival kuliner khas nusantara. Sesuai dengan daerah masing-masing dan juga pertunjukan kesenian daerah dan kolaborasi event dari masing-masing pusat perbelanjaan.

Acara pembukaan Indonesia Shopping Festival akan mulai pada 11 Agustus 2022 pukul 14.00 waktu setempat secara serentak di seluruh Indonesia.

Surakarta Jadi Lokasi Utama

Kota Surakarta menjadi lokasi utama untuk pembukaan Indonesia Shopping Festival, lebih tepatnya di Solo Paragon Lifestyle Mall.

Rencananya, Walikota Surakarta yakni Gibran Rakabuming Raka akan menghadiri langsung acara pembukaan di mal tersebut.

Dan pada waktu yang bersamaan, sejumlah kota di Indonesia juga akan melakukan acara pembukaan secara serentak dan langsung.

BACA JUGA: Layanan Antigen Perjalanan KA Ditambah, Berikut Lokasinya

Mall Kota Kasablangka

Diantaranya adalah di DKI Jakarta tepatnya di Mall Kota Kasablanka, Banten di AEON BSD, DI Yogyakarta di Ambarukmo Plaza, Surabaya di Pakuwon Mall serta Palembang di Palembang Square.

Pihak penyelenggara selalu menghimbau kepada para pengunjung agar selalu menerapkan protokol kesehatan serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk menciptakan suasana belanja yang aman dan nyaman selama mengikuti gelaran Indonesia Shopping Festival 2022.

Alphonzus juga berharap bahwa, penyelenggaraan Indonesia Shopping Festival 2022 tidak hanya akan memeriahkan HUT RI. Tetapi juga mampu turut membantu pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Khususnya untuk industri retail yang menurutnya mengalami dampak cukup besar selama pandemi.

BACA JUGA: Traveloka Catat Pemesanan Periode Mei-Juni Terjadi Peningkatan

“Lewat Indonesia Shopping Festival 2022 yang diadakan dalam rangka merayakan HUT RI ke-77. APPBI optimis dapat turut berperan serta mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional,” ujarnya.

“Khususnya industri retail yang mengalami dampak cukup besar selama pandemi COVID-19,” pungkasnya kemudian.

Alphonzus mengatakan bahwa saat sebelum pandemi, transaksi pada pusat perbelanjaan secara nasional bisa mencapai Rp 60 triliun per bulan.

Namun angka tersebut merosot tajam di saat pandemi menjadi Rp 42 triliun per bulan.

Maka dari itu, pihaknya berharap bahwa gelaran ini bisa meningkatkan transaksi menjadi Rp50 triliun per bulan dari seluruh pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia, terlepas dari sejumlah tantangan yang masih ada karena ketidakpastian global dan hal lainnya.

“Semoga ini bisa tercapai, meski ada beberapa tantangan seperti daya beli yang masih terganggu oleh ketidakpastian global dan sebagainya. Namun kalau kita lihat laporan pemerintah, data-datanya menggembirakan. Di semester 1 inflasi sudah terkendali, ekonomi tumbuh, saya kira bisa tercapai,” imbuhnya. ***

Pos terkait